Waspada Kejahatan Digital Finansial

Selasa, 21 Juni 2022 - 11:46 WIB
loading...
A A A
Ketika ragu, pastikan menanyakan langsung kepada pihak bank, baik ke kantor cabang, melalui hotline resmi, atau mengirim pesan melalui akun media sosial resmi bank yang sudah centang biru.

Di banyak negara, korban sering ditipu untuk membuka identitas perbankan mereka dengan modus iming-iming return kekayaan yang lebih besar. Penipuan tersebut digunakan pelaku menggunakan deep fake dan reproduksi situs web sehingga akan sulit untuk dilacak.

Berdasarkan data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), ada lebih dari 927 juta upaya serangan siber pada 2021. Jumlahnya melonjak hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, sekitar 495 juta serangan.

Dari data tersebut, sektor keuangan menjadi sektor kedua tertinggi yang mengalami serangan siber setelah sektor pemerintahan. Hal ini tentu menjadi ancaman serius bagi keamanan transaksi dan data nasabah. Perlu kewaspadaan tinggi baik pihak pemerintah, perbankan, pihak layanan jasa keuangan lainnya, maupun masyarakat agar kejahatan model ini tidak terus memakan korban.

Baca Juga: koran-sindo.com
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)