Apa Itu Reshuffle Kabinet? Pengertian dan Tujuannya ? Begini Penjelasannya

Kamis, 16 Juni 2022 - 20:04 WIB
loading...
Apa Itu Reshuffle Kabinet? Pengertian dan Tujuannya ? Begini Penjelasannya
Sebagian masyarakat mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu reshuffle kabinet, pengertian, dan tujuannya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian masyarakat mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu reshuffle kabinet, pengertian, dan tujuannya. Reshuffle di Indonesia kerap dikenal di lingkungan pemerintahan .

Sebenarnya, istilah reshuffle itu bukan hanya digunakan dalam pemerintahan. Mengutip dari laman Cambridge Dictionary. Reshuffle sendiri merupakan kegiatan terstruktur yang termasuk pada peristiwa tertentu. Peristiwa ini dapat berupa pergantian atau perubahan posisi orang atau hal lain dalam suatu organisasi atau kelompok.

Sedangkan untuk hal yang bersifat kenegaraan reshuffle artinya melakukan reorganisasi dengan mendistribusikan kembali elemen yang sudah ada sebelumnya.

Indonesia sendiri mengartikan reshuffle kabinet sebagai hak prerogatif pemimpin negara atau presiden . Tujuannya untuk meningkatkan kinerja kabinet sekaligus melakukan perbaikan dalam pemerintahan.

Baca juga : Kecewa Kinerja Menterinya, Resuffle Jadi Pilihan Dilematis Jokowi

Selain itu, ada beberapa tujuan reshuffle. Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber :

1. Manajemen Kerja

Perombakan yang dilakukan Presiden terhadap Menteri ini bisa mempengaruhi kinerja menteri. Para menteri yang memiliki kinerja buruk akan diganti dengan yang dikiranya bisa mengemban tugas tersebut. Pergantian ini bukanlah dilakukan secara acak.

Sementara untuk Menteri yang memiliki kinerja yang bagus maka tetap dipertahankan.

Baca juga : Dongkrak Kinerja Kabinet!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)