Malaysia-Indonesia Dipererat Hubungan Baik Jurnalis Kedua Negara

Rabu, 01 Juni 2022 - 21:45 WIB
loading...
A A A
Malaysia-Indonesia Dipererat Hubungan Baik Jurnalis Kedua Negara

Perdana Menteri Ismail Sabri Yakoob menyampaikan pidato di puncak acara
Hawana 2022 di Hotel Hatten, Melaka, Malaysia, Minggu (29/5)


“Kami senang melihat puncak acara Hawana dan berharap bisa digelar setiap tahun. Perhatian bapak Perdana Menteri atas hubungan baik jurnalis kedua negara juga sangat positif dan makin merekatkan kerja sama yang sudah terjalin selama ini,” ujar Asro yang pernah memimpin Kantor BeritaAntaraitu.

Puncak acara Hawana 2022 ini dihadiri oleh Perdana Menteri, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Datuk Seri Panglima Anwar bin Haji Musa, Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Haji Sulaiman bin Muhammad Ali selaku tuan rumah, Hadir pula tokoh-tokoh pers dan jurnalis senior Malaysia dan Indonesia yang berhimpun dalam ISWAMI. Dirjen Informasi dan Komunikas Publik (IKP) Kementerian Kominfo Usman Kansong juga hadir mewakili Pemerintah Indonesia.

baca juga: Indonesia-Malaysia Sepakat Perbaharui Kerja Sama Sistem Penempatan Pekerja Migran

Selama ini perwakilan pemerintah dan jurnalis Malaysia tidak pernah absen dalam perhelatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar setiap 9 Februari. Termasuk dalam peringatan HPN di Kendari, Sulawesi Tenggara 9 Februari lalu, yang digelar secara hibrida karena masih dalam suasana pandemi.

Malaysia-Indonesia Dipererat Hubungan Baik Jurnalis Kedua Negara

PM Malaysia Ismail Sabri Yakoob (kanan) menandatangani buku untuk diberikan
kepada jurnalis sekaligus Pemimpin Redaksi KORAN SINDO Pung Purwanto (kiri).

Puncak Hawana ditandai dengan pembacaan Deklarasi Melaka dan pemberian penghargaan kepada sejumlah jurnalis yang berdedikasi dalam mengawal perjalanan pers Malaysia. Peringatan Hawana berlangsung meriah dihadiri ratusan undangan sekaligus sebagai penanda kebangkitan wisata dan ekonomi Melaka seiring terus menurunnya kasus Covid-19 di Malaysia.

Saudara Sedarah

Masih dalam acara bincang santai dengan insan pers, ada hal menarik diungkapkan PM Ismail Sabri, bahwa cucunya adalah setengah orang Indonesia karena menantunya campuran Manado-Jawa. “Karena itu hubungan Indonesia Malaysia lebih dari tetangga, tapi saudara dan keluarga. Kita telah memiliki sejarah panjang yang penuh dinamika dan selalu bisa selesaikan bersama,” tandasnya.

baca juga: Sinergi TNI, Buka Desa yang Terisolir di Perbatasan Indonesia-Malaysia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)