Kota dan Kabupaten di Indonesia yang Terancam Tenggelam, Nomor 4 Akan Terpisah

Rabu, 01 Juni 2022 - 17:07 WIB
loading...
A A A
2. Jawa

Beberapa wilayah lain di Pulau Jawa, selain Jakarta, juga diprediksi akan tenggelam. Di Jawa Timur, di antaranya Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Situbondo.

Di Jawa Tengah, terdapat 12 kota yang terancam tenggelam, yakni Kabupaten Cilacap, Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Patih, dan Kabupaten Rembang.

Sedangkan di Jawa Barat, antara lain Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Banten.

3. Kalimantan

Terdapat banyak wilayah di Kalimantan yang diprediksi akan tenggelam, di antaranya Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kota Baru yang terletak di Kalimantan Selatan.

Di Kalimantan Tengah ada Kabupaten Sukamara, Kabupaten Kota Waringin Barat, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pisau, dan Kabupaten Kapuas.

Sementara di Kalimantan Barat, sejumlah kota/kabupaten yang terancam tenggelam adalah Kabupaten Bengkayang, Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Kayong Utara, dan Kabupaten Ketapang.

4. Bali

Meningkatnya tinggi muka air laut menyebabkan perubahan pada Pulau Bali pada tahun 2050 mendatang. Bali diprediksi akan kehilangan 490 kilometer dari total luas wilayahnya. Hal tersebut juga akan membuat Bali terpisah menjadi dua bagian yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6801 seconds (0.1#10.140)