Sama-sama Pasukan Elite TNI, Ini Perbedaan Koopssus dan Kopassus

Jum'at, 27 Mei 2022 - 05:39 WIB
loading...
A A A
Tak berhenti di situ, Kopassus juga memiliki sejumlah tugas penting seperti Operasi Militer Perang (OMP), di antaranya serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, antiteror Operasi Intelijen Khusus, dan Combat SAR.

Kopassus juga terlibat dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, operasi antiinsurjensi, separatisme, dan pemberontakan (AIRSO) dan SAR khusus, serta pengamanan VVIP.

Kopassus memiliki ciri khas Baret Merah, pisau komando, dan loreng darah. Sejarah Kopassus yang panjang menorehkan banyak prestasi dalam memberantas pemberontakan. Mulai dari pemberontakan DI/TII, PRRI, Permesta, Pembebasan Irian Barat, menumpas pemberontakan komunis, membebaskan sandera di pesawat Woyla Don Muang Bangkok.

Kopassus juga terlibat dalam pembebasan sandera peneliti Tim Loren di Mapenduma Iraian Jaya, menumpas gerakan pengacau keamanan di Tanah Air, dan berpartisipasi dalam pembebasan sandera di Kapal Motor Sinar Kudus yang disandera di Somalia.

Kopassus dipimpin seorang oleh seorang Komandan Jenderal atau Danjen yang berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen) TNI yang bertanggung jawab langsung kepada Panglima TNI. Danjen Kopassus dibantu oleh Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen Kopassus) dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.

Saat ini, Danjen Kopassus TNI dipimpin oleh Mayjen TNI Iwan Setiawan yang baru dilantik pada Jumat 8 April 2022 lalu. Sementara, posisi Wadanjen Kopassus dijabat oleh Brigjen TNI Deddy Suryadi.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)