Sama-sama Pasukan Elite TNI, Ini Perbedaan Koopssus dan Kopassus

Jum'at, 27 Mei 2022 - 05:39 WIB
loading...
Sama-sama Pasukan Elite TNI, Ini Perbedaan Koopssus dan Kopassus
Komando Operasi Khusus (Koopssus) dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan dua satuan khusus TNI yang namanya sekilas terlihat atau terdengar sama. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komando Operasi Khusus (Koopssus) dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan dua satuan khusus TNI yang namanya sekilas terlihat atau terdengar sama. Namun, jika ditelaah dengan seksama Koopssus dan Kopassus memiliki tugas yang berbeda.

Koopssus merupakan satuan khusus yang baru terbentuk belakangan ini, sedangkan Kopassus yang berada di bawah naungan TNI AD sudah terbentuk sejak lama. Lantas apa yang membedakan satuan khusus Koopssus dengan Kopassus?

1. Komando Operasi Khusus (Koopssus)

Koopssus TNI merupakan pasukan elite yang diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada 30 Juli 2019 yang bertugas menanggulangi aksi-aksi terorisme. Peresmian tersebut berdasarkan Perpres Nomor 42 Tahun 2019 yang menegaskan bahwa tugas TNI dalam mengatasi aksi terorisme, merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Baca juga: Ini 5 Pasukan Antiteror Indonesia, Salah Satunya Milik Kopassus

Bisa disebut Koopssus pasukan "super elite" dari para "elite". Pasalnya, prajurit dalam satuan tersebut merupakan gabungan dari tiga pasukan elite tiga matra TNI (darat, laut, dan udara) yaitu Satbravo-90 dari TNI AU, Satgultor-81 dari TNI AD, dan Denjaka dari TNI AL.

Operasi khusus yang dilakukan Koopssus TNI mencakup operasi di dalam maupun luar negeri yang berkaitan dengan penanggulangan terorisme, kasus teror yang mengancam ideologi, kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan Indonesia. Koopssus bertugas menanggulangi aksi-aksi terorisme sebagai penangkal, penindak, dan pemulih terorisme di dalam dan luar negeri.



Sebanyak 80% kegiatan Koopssus adalah intelijen (surveillance) alias observasi jarak dekat, sementara 20% lainnya adalah penindakan. Orang-orang yang terpilih ke dalam Koopssus merupakan prajurit yang memiliki kualifikasi untuk melakukan berbagai jenis operasi khusus, baik di dalam maupun luar negeri yang menuntut kecepatan dan keberhasilan yang tinggi.

Hanya saja Koopsus berada dalam wadah Badan Pelaksana Pusat yang secara struktural komando langsung di bawah Panglima TNI. Tujuannya untuk memudahkan dalam penerjunan pasukan.

Lambang Koopssus terdiri dari tiga anak panah dan garis busur yang berada dalam bentuk segi lima. Lambang itu memiliki dasar berwarna hitam. Pasukan ini memiliki 400 anggota surveillance, serta satu kompi penindak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2238 seconds (11.97#12.26)