7 Fakta Kopasgat, Pasukan Elite TNI AU yang Disegani NATO

Minggu, 21 April 2024 - 07:52 WIB
loading...
7 Fakta Kopasgat, Pasukan Elite TNI AU yang Disegani NATO
Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) merupakan pasukan elite TNI Angkatan Udara (AU). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) merupakan pasukan elite TNI Angkatan Udara (AU). Saat ini, pasukan yang memiliki ciri khas Baret Jingga tersebut dipimpin oleh perwira tinggi (Pati) Bintang Dua yakni, Marsda TNI Yudi Bustami sebagai Dankopasgat.

Dikutip dari laman resmi Kopasgat, Minggu (21/4/2024). Kopasgat dibentuk pada 17 Oktober 1947 silam. Kopasgat banyak mewarnai perjalanan sejarah bangsa Indonesia sejak zaman kemerdekaan. Dalam perjalanannya, pasukan elite TNI AU ini beberapa kali mengalami pergantian nama.



Sebagai pasukan khusus, Kopasgat seringkali diterjunkan dalam sejumlah operasi militer baik di dalam maupun di luar negeri. Ketangguhan prajurit Kopasgat di medan operasi membuat pasukan ini disegani. Bahkan Panglima NATO menganggap Kopasgat merupakan pasukan yang harus diwaspadai.

Berikut ini fakta-fakta pasukan khusus Kopasgat:

1. Dibentuk Usai Penerjunan di Kalimantan

Kopasgat dibentuk pada 17 Oktober 1947. Berawal ketika Gubernur Kalimantan Pangeran Muhammad Noor meminta kepada AURI mengirimkan pasukan payung ke Kalimantan untuk membentuk dan menyusun gerilyawan, membantu perjuangan rakyat di Kalimantan.

Atas inisiatif Komodor (U) Soerjadi Soerjadarma kemudian dipilih 12 putra asli Kalimantan dan 2 orang PHB AURI untuk melakukan penerjunan. Pada 17 Oktober 1947, sebanyak 13 orang berhasil diterjunkan di Sambi, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Mereka adalah Hari Hadi Soemantri (montir radio AURI asal Semarang), FM Soejoto (juru radio AURI asal Ponorogo), Iskandar (pimpinan pasukan), Ahmad Kosasih, Bachri, J Bitak, C Williem, Imanuel Nuhan, Amirudin, Ali Akbar, M Dahlan, JH Darius, dan Marawi.

Mereka diterjunkan dari pesawat C-47 Dakota RI-002 yang diterbangkan oleh Bob Freeberg berkebangsaan Amerika sekaligus sebagai pemilik pesawat. Ini adalah operasi lintas udara pertama dalam sejarah Indonesia. Peristiwa penerjunan yang dilakukan oleh 13 prajurit AURI tersebut merupakan peristiwa yang menandai lahirnya Kopasgat.

2. Baret Jingga

Kopasgat memiliki ciri khas Baret Jingga. Warna tersebut memiliki makna tersendiri bagi prajurit Kopasgat TNI AU. Warna Baret Jingga terinspirasi dari cahaya jingga saat fajar di daerah Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat daerah tempat pasukan ini ditempa.

3. Dipimpin Perwira Tinggi Bintang Dua

Sama dengan pasukan khusus TNI lainnya, Kopasgat dijabat oleh perwira tinggi (Pati) Bintang Dua. Saat ini pasukan tersebut dipimpin oleh Marsekal Muda (Marsda) TNI Yudi Bustami.

Penunjukan Marsma TNI Yudi Bustami menjadi Dankopasgat tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tanggal 29 November 2023, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Abituran Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989 ini menggantikan Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko yang dimutasi menjadi Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Sebelumnya, Marsda TNI Yudi Bustami menjabat sebagai Kaskogartap ll Bdg.

4. Miliki Keahlian Khusus

Kopasgat merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat. Setiap prajurit Korps Baret Jingga minimal memiliki kualifikasi para komando (Parako) sehingga dapat diterjunkan di segala medan baik hutan, gunung, rawa, sungai dan sebagainya.

Sebagai pasukan elite, Kopasgat memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki pasukan elite TNI lainnya yaitu, Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara (OP3U) yaitu merebut dan mempertahankan pangkalan dan untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)