Refleksi Hari Kebangkitan Nasional: Bangkit dari Residu Kemanusiaan

Kamis, 19 Mei 2022 - 09:55 WIB
loading...
A A A
Pendekatan kehidupan yang dikembangkan adalah tafsir berkaca mata kuda, hitam-putih, halal-haram, salah-benar, tanpa memperimbangkan pelbagai aspek dan kondisi lainnya. Kampanya yang terjadi adalah menolak kebinekaan bangsa serta membenturkan antara nasionalisme dan agama.

Residu inilah yang meniscayakan perhatian kolektif dari seluruh komponen anak bangsa. Jika kita tidak bangkit dari kondisi kelam ini, yang ada adalah tumbuh suburnya sikap dan cara pandang dengan orientasi negatif. Sebuah sikap penolakan seseorang terhadap hak-hak politik dan sosial dari kelompok yang tidak disetujui. Bahkan bisa lebih dari itu, cara-cara ekstrem dan perbuatan-perbuatan dengan menggunakan kekerasan dan menimbulkan suasana teror akan terus menghantui wajah republik ini.

Kekerasan memang tidak dapat dilenyapkan begitu saja. Tapi, peran masing-masing dari setiap anak bangsa dapat meminimalisasi efek dengan menguatkan cara pandang dan cara berfikir yang moderat. Betapapun pekatnya residu kemanusiaan itu tetap bisa kita kikis perlahan dengan kekuatan kolektif untuk terus mengokohkan kebangsaan dan merawat keindonesiaan. Toleransi harus dimaknai sebagai sikap untuk menerima perbedaan dengan tanpa menafikan perbedaan. Perbedaan menjadi kekayaan kolektif untuk bersama-sama mewujudkan kehidupan yang damai, aman, bahagia, dan sejahtera.

Harkitnas mengandung pesan begitu mendalam untuk dapat bangkit dari segala keterpurukan, baik itu yang berkaitan dengan pendemi Covid-19 ataupun dari permasalahan krusial kehidupan sosial-kemasyarakatan. Momentum Harkitnas ini dapat diselaraskan dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Tema “Recover Together, Rocover Stronger” mencakup pelbagai dimensi kehidupan kemanusiaan. Satu sisi agar kita mampu keluar dari amuk pandemi, dan pada sisi yang lain agar bangsa ini naik level tidak terjebak pada sirkulasi permusuhan yang berkepanjangan. Indonesia memiliki peran yang cukup besar dalam turut mewujudkan kebangkitan tatanan kehidupan global yang lebih inklusif.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2022. Mari kita bangkit bersama!

Baca Juga: koran-sindo.com

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0889 seconds (0.1#10.140)