Kebangkitan Ekonomi di Tengah Pandemi yang Melandai

Rabu, 18 Mei 2022 - 16:51 WIB
loading...
Kebangkitan Ekonomi di Tengah Pandemi yang Melandai
I Gede Alfian Septamiarsa. FOTO/DOK.PRIBADI
A A A
I Gede Alfian Septamiarsa, SSos, MIKom
Kasubag Komunikasi Pimpinan/
Pranata Humas Ahli Muda Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jatim

KATA 'bangkit' sedang menjadi slogan pemerintah Provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya slogan itu bertulis Optimis Bangkit. Slogan yang menjadi semangat kinerja pemerintahan.

Bisa jadi, slogan itu pula yang membawa Jawa Timur menorehkan pencapaian cukup gemilang pada kwartal I 2022. Pertumbuhan ekonomi mencapai 5,20% dibanding kwartal yang sama tahun lalu. Pencapaian yang memberi harapan baru. Semangat bangkit yang sebenarnya.

Dua tahun pandemi Covid-19 mengubah warna. Iklim usaha bagai terkena tsunami. Industri melemah. Pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi. Anggaran pembangunan sebagian besar dikepras untuk refocusing. Hantaman yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Optimis Bangkit menjadikan paradigma baru. Jatim memiliki keyakinan untuk bisa pulih pada berbagai sektor. Semua terbukti. Optimis Bangkit memberi perubahan yang cukup signifikan. Kebangkitan memang sebuah langkah penting menuju kemajuan.

Bangkit, tidak sekedar kata-kata yang terucap untuk sadar dan bergerak melakukan sesuatu. Tetapi bangkit merupakan sebuah kata yang dapat menggerakkan sesuatu, seseorang maupun kelompok untuk menuju ke arah yang lebih baik.

Jika ditilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari bangkit yaitu bangun (dari tidur, duduk) lalu berdiri. Ada juga makna lainnya timbul keberanian, atau hidup kembali.

Di Indonesia sendiri, terdapat Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Hari Kebangkitan Nasional tersebut diperingati setiap 20 Mei, juga sebagai hari lahirnya organisasi Boedi Utomo.

Kebangkitan Nasional yang merupakan kebangkitan Bangsa Indonesia yang mulai memiliki rasa kesadaran nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Utomo pada 20 Mei 1908 dan lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Setelah dua tahun ini Bangsa Indonesia telah mengalami Pandemi Covid-19, bagaimana dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1082 seconds (10.101#12.26)