Ini 5 Pasukan Antiteror Indonesia, Salah Satunya Milik Kopassus

Minggu, 15 Mei 2022 - 07:48 WIB
loading...
Ini 5 Pasukan Antiteror Indonesia, Salah Satunya Milik Kopassus
Densus 88 Antiteror Polri, pasukan khusus yang bertugas menangani terorisme di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Salah satu dari 5 pasukan antiteror Indonesia adalah Densus 88 Antiteror Polri yang terkenal menangkap pelaku teroris seperti Dr Azhari hingga Nurdin M Top. Selain Densus 88, Indonesia rupanya memiliki pasukan khusus antiteror lainnya yang rata-rata dimiliki TNI.

Berikut 5 pasukan antiteror Indonesia yang disegani dilansir dari berbagai sumber:

1. Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri

Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 Antiteror adalah satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk penanggulangan terorisme di Indonesia. Pasukan ini dilatih khusus untuk menangani segala ancaman teror, termasuk teror bom.

Pasukan khusus ini dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat melalui bagian Jasa Keamanan Diplomatik (Diplomatic Security Service) Departemen Luar Negeri AS dan dilatih langsung oleh instruktur dari CIA, FBI, dan U.S. Secret Service.

2. Satuan 81 Kopassus TNI AD

Satuan 81 Kopassus atau Sat-81 dikenal sebagai Den-81 Gultor (penanggulangan teror). Mereka adalah satuan di Kopassuss yang merupakan prajurit terbaik dari seluruh Prajurit TNI. Prajurit ini bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur.

Baca juga: Prabowo dan Luhut, 2 Bintang Kopassus Dipercaya LB Moerdani Dirikan Detasemen Antiteror

Ini 5 Pasukan Antiteror Indonesia, Salah Satunya Milik Kopassus

Sat-81 Kopassus. Foto/reuters

3. Detasemen Jalamangkara TNI AL

Satuan khusus yang dikenal dengan nama Denjaka merupakan satuan gabungan penanggulangan teror aspek laut TNI Angkatan Laut (TNI AL), yaitu Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) Korps Marinir TNI AL.

Ini 5 Pasukan Antiteror Indonesia, Salah Satunya Milik Kopassus

Defile Pasukan Denjaka. Foto/SINDOnews

4. Satuan Bravo 90 TNI AU

Bukan hanya TNI AD dan AL saja, TNI AU juga memiliki satuan khusus menanggulangi aksi teror. Sesuai bidangnya, satuan khusus yang dikenal dengan sebutan Satbravo 90 ini menangani teror melalui udara.

Ini 5 Pasukan Antiteror Indonesia, Salah Satunya Milik Kopassus


5. Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab)

Pasukan antiteror Indonesia yang terakhir adalah satuan gabungan dari Sat-81, Denjaka, dan Satbravo 90 yaitu Koopssusgab. Pasukan ini juga satuan elite TNI untuk memberantas teroris.

(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1800 seconds (11.252#12.26)