Membaca Ulang Keberhasilan Kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Sabtu, 30 April 2022 - 12:00 WIB
loading...
A A A
Menurut penulis ini semestinya jangan sampai berulang agar tidak merusak reputasi dan marwah institusi. Belum lagi secara personal akan berimplikasi buruk terhadap reputasi kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo sebagai nahkoda Korps Bhayangkara. Karena itu, harapan publik terhadap penanganan setiap kasus dilakukan secara transparan supaya tidak terkesan tebang pilih.

Tantangan Merawat Keperayaan Publik
Ikwal, meski institusi Polri seringkali dihantam kanan-kiri dan kerap diterpa isu negatif, namun Kapolri Listyo Sigit Prabowo tetap tegar berjiwa kesatria dan tangguh menghadapi semua itu. Hemat penulis, di sinilah nampak kebijaksanaan dan jiwa besar seorang pemimpin Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Bagi penulis, beliau adalah pribadi yang memiliki idealisme dan pribadi yang lemah-lembut. Ketika difitnah dan dituduh tebang pilih, Listyo Sigit Prabowo tak lantas marah tetapi beliau justru menjawab tuduhan dan fitnah itu dengan prestasi dan kinerja yang membanggakan.

Ketika kritik dilancarkan secara terbuka di sosial media sampai muncul petisi dan narasi negatif menyerang institusi Polri justru Listyo Sigit meminta jajarannya mendengar dan memberikan respons yang baik. Jenderal Listyo Sigit malah mengedepankan dialog dan menganggap kritik sebagai masukan yang wajar. Pada titik itulah, yang dilakukan Kapolri justru berbuah manis. Meski dikritik, difitnah, dicaci maki, dan diserang di jagat digital atau media sosial namun kepercayaan dan kepuasan publik terhadap kinerja Polri bertambah.

Buktinya, sampai detik ini, kepercayaan dan kepuasan publik terhadap institusi Polri makin meningkat. Dengan melihat realitas capaian keberhasilan itu, maka sangatlah tepat Jenderal Listyo Sigit memimpin Korps Bhayangkara. Terlihat betul karakter kepemimpinan beliau yang santun dan mengayomi siapa pun tanpa tebang pilih. Dengan demikian, marilah kita dukung kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rangka mewujudkan program Polri Presisi.

Sementara itu, jika memotret hasil survei Indikator Politik Indonesia perihal kepuasan dan meningkatnya kepercayaan publik terhadap institusi Polri di satu sisi memang sangat menggembirakan. Hanya saja, terdapat tantangan yang relatif berat yaitu menjaga dan mempertahankan kepercayaan (trust) publik yang terlanjur optimis menaruh harapan terhadap Polri.

Menurut penulis pertaruhan terbesar sebuah institusi adalah kepercayaan. Karena itu, jika berhasil menjaga dan mengelola kepercayaan seyogyanya bisa dikonversi menjadi dukungan. Sebaliknya, jika gagal menjaga kepercayaan itu sudah tentu menjadi malapetaka dan melahirkan skeptisme yang berujung pada akumulasi kekecewaan publik. Oleh karena, untuk menjaga dan merawat kepercayaan itu maka capaian dan prestasi itu harus ditingkatkan hingga mencapai titik kesempurnaan. Selain itu tentu diperkuat dengan sinergi dan kolaborasi dengan mengajak segenap elemen bangsa untuk bersama-sama mendukung implementasi program Polri Presisi.

Saat ini dapat dipastikan bahwa transfromasi program Polri Presisi telah mencapai 90%. Capaian dan prestasi Kapolri telah dilihat secara nyata dan dirasakan langsung oleh publik. Berdasarkan hasil suvei pelbagai lembaga riset menunjukkan bahwa kepuasan dan kepercayaan publik terus meningkat. Untuk memastikan dan membuktikan apakah progran Polri Presisi berjalan tentu sangat mudah. Di antara program yang sangat mudah disaksikan misalnya sistem pelayanan Polri yang berbasis digital. Belum lagi terobosan program yang sejak awal dicanangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)