Waspada, Ponsel Bisa Jadi Medium Penyebaran Virus Corona

Jum'at, 19 Juni 2020 - 06:59 WIB
loading...
A A A
“Kalaupun ada kemungkinannya karena droplet, namun itu pun sangat kecil. Misalnya saja ponsel dipegang seseorang yang tanpa menggunakan masker. Kemudian ponsel itu diletakkan di meja, lalu meja tersebut disentuh oleh orang lain. Bisa saja penularannya seperti itu walaupun kecil kemungkinannya,” ungkap Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) itu. (Lihat videonya: Polisi Tangkap Penjual Ayam Gelonggongan di Bogor, Jawa Barat)

Penularan yang juga mungkin bisa terjadi adalah dari benda yang digunakan bersama. Karena itu, dia mengingatkan untuk jangan lupa selalu memakai masker sehingga tidak terjadi droplet yang bisa saja menempel di benda yang digunakan bersama.

“Jangan sembarangan meminjamkan benda pribadi seperti ponsel karena kita harus tetap menjaga (kebersihan). Hati-hati dengan benda yang digunakan bersama-sama. Prinsipnya, benda mati tidak bisa menularkan secara langsung, kecuali droplet,” tambahnya.

Penularan virus di tempat kerja pun bisa saja terjadi. Sebagai contoh, ada seorang yang memimpin rapat tanpa menggunakan masker. Kemudian terjadi droplet di meja dari orang tersebut. Lalu meja itu disentuh oleh orang lain maka penyebaran pun terjadi. “Jadi, protokol kesehatan itu harus diterapkan. Mulai dari penggunaan masker hingga menjaga kebersihan,” katanya. (Binti Mufarida/R Ratna Purnama)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)