Kurikulum dan Kompetensi Global

Sabtu, 16 April 2022 - 10:44 WIB
loading...
A A A
Gelombang disrupsi harus dipahami secara baik oleh generasi muda saat ini dalam konteks nilai-nilai Pancasila. Banyak ragam profesi yang terkubur lalu muncul jenis profesi baru. Agar generasi muda memahami fenomena diatas lebih dini, dibutuhkan program mentorship yang para pengajarnya memiliki kapasitas dan pengalaman untuk menjadi navigator.

Para siswa sekolah pada saat ini perlu menghayati dan mengamalkan Pancasila dengan metode yang lebih menarik. Yakni mengawinkan nilai Pancasila dengan aspek ragam profesi yang kelak akan digeluti oleh siswa.

Nilai-nilai Pancasila harus bisa mewanai pola dan sikap profesionalitas masyarakat. Nilai itu merupakan pupuk untuk menumbuhkan cita-cita seseorang. Untuk menumbuhkan sikap profesionalisme dan ragam profesi diperlukan sistem nilai yang bermuara kepada pranata dan persepsi masyarakat dalam kondisi kekinian.

Saatnya cakrawala kaum milenial dibuka lebar sehingga mereka sejak dini memahami berbagai jenis profesi baru yang sesuai dengan zaman. Profesi baru tersebut berstandar dunia yang tentunya membutuhkan penguasaaan bahasa asing dan budaya bangsa yang bisa mempercepat kemajuan.
(ynt)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2808 seconds (11.252#12.26)