Peringati Mosi Integral, PKS Ungkap Jasa Besar M Natsir

Selasa, 05 April 2022 - 15:05 WIB
loading...
Peringati Mosi Integral, PKS Ungkap Jasa Besar M Natsir
Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Salim Segaf Al-Jufri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai bangsa yang besar, Indonesia dinilai perlu tokoh-tokoh yang memiliki jiwa dan pikiran seperti M Natsir. Hal ini dikatakan oleh Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Salim Segaf Al-Jufri.

Baca juga: Mengenang 71 Tahun Mosi Integral Natsir Memperkokoh NKRI

Salim Segaf memaparkan pandangannya ini saat memberikan sambutan dalam Mimbar Demokrasi dan Kebangsaan F-PKS Seri ke-7 Edisi Spesial Peringatan Mosi Integral M Natsir 3 April 1950 dengan tema "Spirit Transformasi dan Kolaborasi dalam Menjaga Integrasi Nasional" melalui Youtube PKSTV, Senin (4/4/2022).

Baca juga: PKS Sebut Keluarga Paling Terimbas Berbagai Kenaikan Harga

"Mohammad Natsir merupakan seorang tokoh politik yang cerdas, santun dan elegan, pandai berkomunikasi, dan jago lobi dalam urusan-urusan kebangsaan," kata Salim Segaf dalam keterangannya, Selasa (5/4/2022).

"Seperti upayanya dalam menyukseskan Mosi Integral di Parlemen RIS tersebut. Mosi ini disusun dengan rapi, penuh perhitungan dan strategi," tambahnya.

Sosok yang dikenal sebagai Habib Salim tersebut mengingatkan tentang pentingnya merawat ingatan bangsa terkait peristiwa Mosi Integral sebagai satu momentum sejarah.

Di mana, saat itu kembali bersatunya wilayah-wilayah NKRI yang sempat terpisah akibat adanya Republik Indonesia Serikat (RIS).

"Salah satu nama yang punya jasa besar bagi cikal bakal NKRI yaitu Mohammad Natsir. Mosi Integral Natsir pada tanggal 3 April 1950, menjadi momentum bersatunya kembali negara bagian Republik Indonesia Serikat kepada NKRI," tuturnya.

"Maka tak berlebihan ketika Bung Hatta menyebutkan bahwa Proklamasi Kedua diumumkan secara resmi pada 17 Agustus 1950 setelah Indonesia akhirnya kembali kepada cita-cita negara kesatuan dan tidak tercabik-cabik menjadi negara serikat buatan Belanda," sambungnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1569 seconds (10.55#12.26)