Puasa dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Senin, 04 April 2022 - 08:02 WIB
loading...
Puasa dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
Candra Fajri Ananda/FOTO.DOK KORAN SINDO
A A A
Candra Fajri Ananda
Staf Khusus Menteri Keuangan RI

Marhaban ya Ramadan, marhaban syahra as-shiyam.” Selamat datang wahai bulan yang penuh berkah, ampunan, dan kasih sayang Allah. Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslim. Bulan ini tentu saja tidak datang tanpa disertai keistimewaannya, yakni sebagai bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan (magfirah).

Banyak aspek kehidupan yang dapat dilatih dan dikembangkan selama Bulan Suci Ramadan. Sebagai pendidikan jiwa (karakter), puasa merupakan momentum untuk melatih seseorang bersikap disiplin, empati, serta jujur.

Kejujuran adalah nilai kehidupan yang mulai terkikis saat ini. Selama Ramadan, seseorang berlaku jujur dengan menahan lapar dan dahaga baik di kala bersama orang lain maupupun saat sendirian. Kita tidak hanya menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga menahan marah, membangun empati pada masyarakat yang kurang beruntung, serta kebersamaan dengan keluarga. Ramadan betul-betul diharapkan menjadi ladang pendidikan jiwa (karakter) serta membangun tindak laku yang baik kepada orang lain di sekitar kita.

Problematika Mentalitas
Indonesia memiliki modal atau kekuatan yang memadai untuk menjadi bangsa besar dan negara yang kuat. Modal tersebut tak lain berupa luas wilayah, jumlah penduduk, kekayaan alam, kekayaan budaya, kesatuan bahasa, ketaatan pada ajaran agama, dan sistem pemerintahan republik yang demokratis.

Akan tetapi, modal yang besar tersebut tidak banyak berarti apabila mentalitas bangsa belum terbangun ke arah yang lebih baik. Problematika besar bangsa yang hingga kini belum usai di antaranya ialah rendahnya mentalitas yang dimiliki bangsa Indonesia.

Rendahnya mentalitas yang dimiliki bangsa Indonesia ditandai dengan karakter sebagian masyarakat yang malas, tidak disiplin, suka melanggar peraturan, ketidakjujuran, Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN). Hal inilah yang menjadikan kualitas SDM di Indonesia masih rendah. Krisis mentalitas bangsa juga dialami generasi muda Indonesia.

Rendahnya mentalitas generasi muda Indonesia yang notabene terdiri dari peserta didik ditandai dengan sikap kurang menghormati guru, melanggar tata tertib sekolah, tawuran, sikap tidak jujur dalam ujian dan aksi anarkis lainnya. Artinya, selama mental sebuah bangsa tidak berubah, maka bangsa tersebut juga tidak akan mengalami perubahan dan akan tertinggal dengan bangsa lain, meski bangsa tersebut sesungguhnya memiliki potensi dan modal yang besar.

Kualitas mental yang dimiliki oleh SDM di Indonesia tergolong masih rendah. Hal tersebut tercermin salah satunya dari masih tingginya kasus kejahatan dan korupsi di Indonesia. Transparency International secara rutin melakukan survei mengenai korupsi kepada 180 negara. Organisasi non-Pemerintah tingkat global ini merilis hasil survei tahun 2021 yang menunjukkan bahwa Indonesia meraih Indeks Persepsi Korupsi (IPK) atau Corruption Perception Index (CPI) sebesar 38, atau hanya naik 1 poin dari capaian sebelumnya, dan masih jauh dari skor rata-rata global yaitu 43.

Selain itu, lembaga swadaya masyarakat anti-korupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) juga merilis Laporan Tren Penindakan Kasus Korupsi Semester I/2021 yang menunjukkan bahwa jumlah penindakan kasus korupsi selama enam bulan sejak awal 2021 mengalami kenaikan dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya hingga mencapai 209 kasus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)