Indonesia krisis kepemimpinan

Rabu, 19 Desember 2012 - 17:40 WIB
Indonesia krisis kepemimpinan
Indonesia krisis kepemimpinan
A A A
Sindonews.com - Bangsa Indonesia saat ini dinilai tengah mengalami krisis kepemimpinan, pendapat tersebut disampaikan Sosiolog, Thamrin F Tamagola. Menurutnya, ada tiga aspek yang menyebabkan suatu negara pada akhirnya mengalami krisis kepemimpinan.

"Krisis kepemimpinan iya. Dan memang ada, seluruh bangsa akan mengiyakan," jelas Thamrin dalam diskusi bertema Publik Mencari Pemimpin Alternatif di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/2012).

Menurutnya, dari tiga aspek krisis kepemimpinan, yang pertama ialah krisis tersebut bermula ketika suatu negara tidak ada lagi calon-calon yang lebih baik dari sebelumnya.

"Krisis kepemmpinan punya tiga dimensi, pertama krisis kepemimpinan dari stok, suplai, jumlah kuantitatif," katanya

Kedua, adanya pemusatan kekuasaan yang dilakukan seorang pemimpin, contohnya pemerintahan yang terjadi di Banten dan Lampung.

"Kedua karena terjadinya sentralisasi kekuasaan di tangan segelintir orang atau dalam politik disebut oligarki. Oligarki kita sudah mengerucut oligarki keluarga seperti di Banten dan Lampung, akibatnya proses rekrutmen pemimpin jadi tersumbat," tandasnya.

Faktor terakhir yang mengakibatkan krisis kepemimpinan ialah karena sulitnya mencari seorang pemimpin yang berkarakter.

"Ketiga kita sulit dapat pemimpin berkarakter, sodara disuruh sebut pemimpin 10 saja sulit, karena sulit menemukan pemimpin yang benar itu siapa aja," tukasnya.

Dari ketiga aspek itu, menurut Thamrin tengah dialami oleh bangsa Indonesia. "Dalam tiga dimensi itu memang benar kita alami krisis kepemimpinan nasional," pungkasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4524 seconds (0.1#10.140)