Presiden Minta MA Kurangi Hambatan Hukum Demi Percepatan Pembangunan Ekonomi

Selasa, 22 Februari 2022 - 11:55 WIB
loading...
Presiden Minta MA Kurangi Hambatan Hukum Demi Percepatan Pembangunan Ekonomi
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Sidang istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2021 secara virtual, Selasa (22/2/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) berharap Mahkamah Agung melakukan upaya strategis dalam mengurangi hambatan-hambatan hukum untuk percepatan pembangunan ekonomi. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada Sidang istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2021 secara virtual, Selasa (22/2/2022).

"Kami berharap Mahkamah Agung terus melakukan upaya-upaya strategis dalam mengurangi hambatan-hambatan hukum untuk percepatan pembangunan ekonomi antara lain melalui percepatan penanganan perkara perdata melalui mekanisme gugatan sederhana, mendorong konsistensi putusan serta melakukan reformasi pelaksanaan putusan," kata Jokowi.

Jokowi juga berharap MA untuk selalu konsisten dalam memperkuat akses keadilan bagi kelompok rentan.
"Yaitu perempuan, anak dan penyandang disabilitas melalui penguatan pengaturan, pelayanan dan akses disabilitas disetiap lini pengadilan," katanya.



Jokowi yakin upaya hukum yang efektif oleh MA dapat mewujudkan kesejahteraan sosial hingga mempercepat tranformasi. "Kami menyakini upaya penegakan hukum yang efektif oleh Mahkamah Agung akan berkontribusi mewujudkan kesejahteraan dan kestabilan sosial memperkuat sistem demokrasi dan mempercepat tranformasi menuju Indonesia maju yang kita cita-citakan," kata Presiden.

Baca juga: Sidang Istimewa MA, Jokowi Apresiasi Transformasi Hukum di Indonesia
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)