Anggota KPU dan Bawaslu Berkualitas Dinilai Dapat Ciptakan Electoral Justice

Rabu, 16 Februari 2022 - 19:02 WIB
loading...
Anggota KPU dan Bawaslu Berkualitas Dinilai Dapat Ciptakan Electoral Justice
Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyebutkan anggota KPU dan Bawaslu yang berkualitas dapat menciptakan Pemilu yang adil (Electoral Justice). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Persatuan Indonesia (Perindo) , Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyebutkan anggota KPU dan Bawaslu yang berkualitas dapat menciptakan Pemilu yang adil (Electoral Justice). Menurutnya, penyelenggaraan Pemilu 2024 harus lebih baik dari sebelumnya.

"Jangan sampai proses perhelatan Pemilu dilaksanakan segelintir elite saja. Tapi penyelenggaraan Pemilu bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. Dengan manajemen Pemilu yang baik maka dapat menciptakan penyelenggaraan Pemilu yang berkeadilan (Electoral Justice)," ujar Ferry di program MNC News, Rabu (16/2/2022) sore.

Penyelenggaraan yang dilakukan oleh KPU dan diawasi Bawaslu dalam Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 dikatakannya harus lebih baik dibandingkan penyelenggaraan pada Pemilu 2019 lalu.

"Pelaksanaan pemilihan harus dilaksanakan dengan bersih, tidak terlibat administrasi yang merumitkan sehingga memakan korban jiwa. Proses mitigasi dari 2019 lalu bisa menjadi bahan evaluasi yang baik untuk 2024," tutur Ferry.

Ferry menambahkan anggota KPU dan Bawaslu terpilih harus melakukan inovasi agar pelaksanaan Pemilu bisa berjalan dengan baik untuk semua pihak baik masyarakat, penyelenggara Pemilu hingga pemantau Pemilu.

"Inovasi regulasi penyelenggara Pemilu bisa menjembatani hal-hal rumit dan sulit di 2019 menjadi mudah, murah. Kriteria penting kolegial, kepemimpinan yang kuat, kompeten dengan bingkai integritas yang baik. Karena tantangan 2024 ini amat penting baik Pemilu Legislatif Pemilu Presiden, dan Pilkada serentak," pungkas Ferry.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)