Berlatar Belakang Wartawan, Jadi Menteri Kemudian

Selasa, 08 Februari 2022 - 13:04 WIB
loading...
Berlatar Belakang Wartawan, Jadi Menteri Kemudian
Tokoh berlatar belakang wartawan yang tercatat pernah dan sedang jadi menteri. Foto/Istimewa/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jelang Hari Pers Nasional 2022, menarik juga untuk mengenal sosok berlatar belakang wartawan yang tercatat pernah dan sedang menjadi menteri. Wartawan yang menjadi menteri ini terdapat di berbagai kabinet pemerintahan.

Wartawan yang menjadi menteri tersebut ada yang mengisi pos yang dinilai cocok dengan latar belakangnya, seperti Menteri Penerangan. Namun, ada pula yang mengisi pos kementerian lain yang jauh dari latar belakangnya.

Siapa saja mereka? Berikut SINDOnewstampilkan 4 sosok berlatar belakang wartawan yang tercatat sebagai menteri.

1. BM Diah
Berlatar Belakang Wartawan, Jadi Menteri Kemudian

BM Diah. Foto/kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id

Burhanuddin Mohammad Diah atau lebih dikenal dengan nama BM Diah merupakan tokoh pers, pejuang, serta diplomat. Dia lahir di Kutaraja, Aceh pada 7 April 1917. Nama kecilnya Burhanuddin. BM Diah menempuh pendidikan di Hollandsch Indlandshe School (HIS). Karena tidak ingin belajar dengan guru-guru asal Belanda, ia melanjutkan sekolahnya di Taman Siswa Medan. Saat usianya 17 tahun, BM Diah merantau ke Jakarta dan menempuh pendidikan tingkat lanjut di Ksatriaan Instituut dan memilih bidang jurnalistik.

Di dunia kewartawanan, BM Diah tercatat pernah bekerja di Harian Sinar Deli, Harian Sin Po, Warta Harian. Ia juga mendirikan Harian Merdeka pada 1945 dan menjadi pemimpin redaksinya.

Pada tahun 1959, BM Diah diangkat sebagai duta besar Indonesia untuk Cekoslowakia dan Hongaria. Kemudian, pada Kabinet Ampera II, BM Diah menjabat Menteri Penerangan dari Oktober 1967 sampai Juni 1968.

Dikutip dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, BM Diah juga tercatat sebagai Dewan Pembina PWI Pusat (1973-1983), Ketua Harian Dewan Pers (1981), dan Penasihat PWI Pusat (1983-1988).

BM Diah meninggal dunia di Jakarta, 10 Juni 1996. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

2. Harmoko
Berlatar Belakang Wartawan, Jadi Menteri Kemudian

Harmoko/Foto/Istimewa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5788 seconds (0.1#10.140)