BKSDA Sumbar Evakuasi 1 Ekor Harimau Sumatera yang Masuk Perangkap

Selasa, 11 Januari 2022 - 10:46 WIB
loading...
BKSDA Sumbar Evakuasi 1 Ekor Harimau Sumatera yang Masuk Perangkap
Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Sumatera Barat (Sumbar) berhasil mengevakuasi seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumaterae) berjenis kelamin betina. foto/istimewa
A A A
AGAM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Sumatera Barat (Sumbar) berhasil mengevakuasi seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumaterae) berjenis kelamin betina.

baca juga: Jejak Harimau Sumatera Ditemukan di Agam Usai 2 Ekor Sapi Warga Mati Diterkam

Harimau berumur sekitar tiga tahun itu, diselamatkan setelah masuk perangkap yang sengaja dipasang petugas BKSDA, di Jorong Kayu Pasak Timur Nagari Salareh Aie, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam , Sumbar, pada Senin (10/1/ 2022).

Sejak kemunculan Harimau Sumatera pertama kali pada 30 November 2021, BKSDA Sumbar melalui Resor Konservasi Agam bersama Tim Patroli Anak Nagari (PAGARI) telah melakukan penanganan konflik Harimau Sumatera.

Penanganan berupa penggiringan dengan bunyi-bunyian selama lebih dari 40 hari namun tidak membuahkan hasil dan membuat harimau Sumatera ini justru mendekat ke permukiman.

baca juga: Ini Tempat Terakhir di Dunia, di Mana Gajah, Badak, Orangutan dan Harimau Hidup Bersama



Untuk menghindari kerugian warga yang lebih besar dan jatuhnya korban jiwa termasuk keselamatan harimau Sumatera tersebut, BKSDA Sumbar mengambil langkah menangkap dengan kandang jebak yang dipasang di kebun sawit yang berjarak 200 meter dari rumah warga.

Setelah kurang lebih dua bulan diintai, pada Senin (10/1/2022) sekitar pukul 14.00 WIB harimau Sumatera yang dicari-cari tersebut berhasil masuk perangkat. Saat ini tim BKSDA sedang mempersiapkan proses evakuasi satwa yang direncanakan dilaksanakan pada Selasa (11/01/2022).

Oleh petugas, selanjutnya harimau Sumatera tersebut akan dibawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dhamasraya (PRHSD) untuk dilakukan observasi. BKSDA Sumbar yang dibantu oleh Polsek Palembayan dan Wali Nagari Salareh Aia saat ini telah melakukan pengamanan terhadap satwa.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2265 seconds (10.55#12.26)