Jaga Keselamatan Masyarakat, BMKG Lakukan Sejumlah Inovasi

Jum'at, 31 Desember 2021 - 18:19 WIB
loading...
Jaga Keselamatan Masyarakat, BMKG Lakukan Sejumlah Inovasi
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) terus menggeber inovasi teknologi dan layanan. Hal ini untuk memperkuat layanan multisektor, dalam rangka menjaga keselamatan masyarakat dan menunjang pembangunan nasional.

Baca Juga: BMKG
Baca juga: BMKG Ungkap 185 Kali Gempa Merusak Selama Periode 2008-2021

"Berbagai inovasi yang diluncurkan BMKG harus sudah teruji dan langsung dapat diterapkan dalam kegiatan operasional. Tidak lain untuk menjawab, mengantisipasi dan mengatasi berbagai tantangan dan dinamika global yang semakin kompleks," kata Dwikorita Karnawati dalam keterangannya, Jumat (31/12/2021).

Dwikorita mengungkapkan, baru-baru ini BMKG mempublikasikan sedikitnya enam produk inovasi teknologi terapan yang telah dilakukan dalam waktu satu tahun terakhir.

Diseminasi bertema 'Unboxing Produk Inovasi Teknologi Tahun 2021' memperkenalkan sejumlah produk yang berhasil diciptakan oleh anak-anak bangsa ASN BMKG yang bersinergi dengan berbagai pihak.

"Yaitu di Bidang Meteorologi melalui model InaNWP dan Inarason Versi 2. Model InaNWP merupakan model regional yang dikembangkan oleh BMKG dengan menggunakan Weather Research Forecasting (WRF) yang berasimilasi dengan data observasi BMKG," ungkap Dwikorita.

"Inovasi InaNWP bertujuan untuk menyediakan informasi prakiraan cuaca jangka pendek yang berkualitas dengan memanfaatkan data-data observasi lokal di wilayah Indonesia hasil sinergisitas penelitian antar unit di lingkungan BMKG serta lembaga lain di luar BMKG," tambahnya.

Inarason sendiri lanjut dia, merupakan sebuah sistem berbasis web untuk integrasi radiosonde seluruh stasiun pengamatan di Indonesia yang bertujuan membantu forecaster dalam membuat analisa udara atas mengenai fenomena atmosfer/cuaca Indonesia.

"Inarason Versi 2 ini merupakan pengembangan aplikasi tahun sebelumnya dengan menambahkan fitur monitoring cold surge berdasarkan output parameter model dan observasi menggunakan radiosonde," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)