BMKG: Hingga Akhir Tahun, 93,27% Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan

Sabtu, 25 Desember 2021 - 11:35 WIB
loading...
BMKG: Hingga Akhir Tahun, 93,27% Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan
BMKG melaporkan pada akhir Desember 2021 ini sebanyak 93,27% wilayah Indonesia masuk musim hujan. Wilayah itu tersebar dari mulai Aceh hingga Papua. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) melaporkan pada akhir Desember 2021 ini sebanyak 93,27% wilayah Indonesia masuk musim hujan . Wilayah itu tersebar dari mulai Aceh hingga Papua.

BMKG mengungkapkan wilayah yang sedang mengalami musim hujan meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Pulau Bangka, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, sebagian besar NTT.

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sebagian Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian selatan dan utara, Sulawesi Tenggara bagian selatan dan barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat bagian utara dan Jayapura.

Baca juga: Puncak Musim Hujan, BNPB Sebut 5 Daerah Ini Paling Rawan Banjir

"Berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM) sebanyak 93,27% wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan," tulis BMKG lewat akun media sosial resminya, Sabtu (25/12/2021).

Sementara itu, BMKG menganalisa umumnya curah hujan pada Dasarian II (11-20 Desember 2021) berada kriteria rendah-tinggi (20 – 300 mm/dasarian). Curah hujan tinggi dan sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) terjadi di Sumatera Utara bagian barat, sebagian Sumatera Barat, Sumatera Selatan bagian timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Utara sebagian NTT, dan sebagian kecil wilayah Papua Barat dan Papua.

BMKG mengatakan pada Desember Dasarian III (21-31 Desember 2021) umumnya diprakirakan curah hujan berada di kriteria menengah hingga tinggi (lebih dari 50 mm/dasarian). Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) meliputi Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian selatan, NTT bagian timur, Sulawesi Selatan bagian selatan, Maluku bagian selatan dan Papua bagian tengah.

Selain itu, wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori menengah (50 – 150 mm/dasarian) berada di Sebagian Besar Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua, serta sebagian Maluku. Dan, wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori rendah (kurang dari 50 mm/dasarian) berada di Sumatera Utara bagian tengah, dan Sulawesi Tengah bagian timur.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Terserang Penyakit di Musim Hujan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3142 seconds (0.1#10.140)