Deteksi Omicron, Menkes Upayakan Produksi Reagen PCR SGTF dalam Negeri

Selasa, 21 Desember 2021 - 13:46 WIB
loading...
Deteksi Omicron, Menkes Upayakan Produksi Reagen PCR SGTF dalam Negeri
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini sedang diupayakan produksi reagen polymerase chain reaction (PCR) metode S-gene target failure (SGTF) dalam negeri. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini sedang diupayakan produksi reagen polymerase chain reaction (PCR) metode S-gene target failure (SGTF) dalam negeri. Tujuannya, untuk mempercepat deteksi Covid-19 varian Omicron .

“Ini saya lagi meeting bagaimana caranya kita bisa dapat produksi reagen PCR yang bisa SGTF dari dalam negeri,” kata Budi saat konferensi pers secara virtual, Selasa (21/12/2021).

Sebelumnya, Budi menjelaskan dalam rangka mendeteksi Omicron selain menggunakan tes Whole Genome Sequencing (WGS), juga menggunakan tes PCR dengan SGTF karena lebih cepat. Kata Budi, tes PCR dengan SGTF bisa mendeteksi Omicron lebih cepat dalam waktu 4 sampai 6 jam saja.



Sementara untuk WGS membutuhkan waktu sampai 5 hari. “Karena tes PCR dengan SGTF berfungsi sebagai titer maka terjadi tidak 100% seperti WGS, tapi kemungkinan besar bisa mendeteksi Omicron dalam waktu 4 sampai 6 jam saja. Sedangkan WGS membutuhkan hanya sampai 5 hari,” jelasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)