Kemenkumham Bersama BIN Gelar Rapid Test Massal di Hari Pertama Kerja

Senin, 08 Juni 2020 - 18:26 WIB
loading...
Kemenkumham Bersama BIN Gelar Rapid Test Massal di Hari Pertama Kerja
Kemenkumham bekerja sama dengan BIN menggelar kegiatan rapid test dengan metode drive thru, Jakarta, Senin (8/6/2020). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kemenkumham bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar kegiatan rapid test Covid-19 dengan metode drive thru. Kegiatan di lingkungan Kemenkum HAM, Kuningan, Jakarta Selatan ini digelar mulai Senin (8/6/2020) hingga Jumat (12/6/2020) nanti.

Direktur 24 BIN Brigadir Jenderal TNI Irwan Mulyana mengatakan, kegiatan ini dikhususkan untuk pegawai Kemenkumham dan masyarakat sekitar. Bagi yang ingin ikut rapid test, harus daftar secara online di www.kemenkumham.go.id. (Baca juga: Update Corona: Positif 32.033 Orang, 10.904 Sembuh dan 1.883 Meninggal )

“Dengan metode drive thru ini, pegawai dan masyarakat tetap di dalam kendaraan, mobil atau motor. Kemudian dilakukan tes oleh petugas medis,” kata Irwan di lokasi, Senin (8/6/2020).

Nantinya, apabila didapati peserta rapid test reaktif, akan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab test. “Pemeriksaan swab test dilakukan dengan mobil laboratorium yang kami sediakan dari BIN,” ujarnya.

Kemenkumham dan BIN menyediakan kit rapid test sebanyak 200 per hari. Targetnya, ada 1.000 orang yang ikut rapid test.

Rapid test digelar pukul 09.00-16.00 WIB. Rencananya, besok Menkum HAM Yasonna Laoly akan memantau langsung kegiatan ini. (Baca juga: Vitamin K Diharapkan Mampu Membantu Melawan Covid-19 )

Salah satu pegawai Kemenkum HAM, Cintya kaget dengan adanya rapid test pada hari pertama masuk kerja ini. “Kaget ya, dulu kan enggak ada. Sekarang ada. Tapi ini bagus juga untuk memutus penyebaran Covid-19,” ujar Cintya.

Rapid test ini juga berguna untuk mendeteksi apakah ada pegawai yang positif Covid-19. Pasalnya, aktivitas perkantoran mulai kembali normal per hari ini. (Lihat grafis: Karyawan Perkan­toran di DKI Jakarta Siap Bekerja ala Ninja )

Dari pantauan, setiap peserta rapid test harus mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Setelah mengikuti tes, peserta akan mengetahui hasilnya setelah 20 menit dengan dikirim melalui email. Apabila positif atau reaktif, peserta akan langsung ikut swab test di mobil laboratorium milik BIN.

Selain bekerja sama dengan Kemenkumham, BIN juga menggelar sejumlah kegiatan rapid test di DKI Jakarta dan kota sekitarnya. Saat ini, BIN juga masih melaksanakan rapid test massal di Surabaya, Jawa Timur.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)