Temukan Kasus Positif, Pemerintah Telah Periksa 27 Ribu Sampel Lewat Tes PCR

Senin, 13 April 2020 - 16:40 WIB
loading...
Temukan Kasus Positif, Pemerintah Telah Periksa 27 Ribu Sampel Lewat Tes PCR
Pemerintah melalui Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (COVID-19), Achmad Yurianto mengatakan telah melakukan pemeriksaan 27 ribu sampel untuk menemukan kasus positif kasus virus Corona. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (COVID-19), Achmad Yurianto mengatakan telah melakukan pemeriksaan 27 ribu sampel untuk menemukan kasus positif kasus virus Corona. Pemeriksaan ini dengan metode swab dengan polymerase chain reaction (PCR).

“Sampai dengan saat ini sudah lebih dari 27 ribu sampel 27 ribu penduduk yang kita periksa untuk PCR Real Time,” ungkap Yuri dalam Konferensi Pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (13/4/2020).

Pemeriksaan itu, kata Yuri dilakukan di 186 kabupaten/kota yang terindikasi terjadi penyebaran virus ini. “Pemeriksaan di 186 kabupaten kota yang terindikasi ditemukan kasus,” katanya.

Selain itu, lebih dari 78 laboratorium di seluruh Indonesia sudah diaktifkan untuk melakukan pemeriksaan. “Lebih dari 78 laboratorium sudah kita aktifkan di seluruh Indonesia. Artinya bahwa akses untuk layanan pemeriksaan PCR Real Time sudah lebih merata lagi di seluruh wilayah Tanah Air," jelasnya.

Selain itu, Yuri mengatakan sekitar 800 ribu Alat Pelindung Diri (APD) sudah disebar di sejumlah pusat kesehatan atau rumah sakit di seluruh Indonesia. “Sebagai upaya pemerintah untuk melindungi tenaga kesehatan yang merawat pasien positif virus ini, sudah kita wujudkan salah satunya bahwa kita sudah mengatakan Lebih dari 800 APD dengan standart medical grade dengan kualitas yang terbaik. Oleh karena itu inilah kesungguhan pemerintah agar semuanya bisa bekerja dengan profesional dan lebih tenang.”

Selain itu, sebanyak 20 ribu relawan juga telah bergabung untuk merespons COVID-19 ini melalui Gugus Tugas baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah. Sementara donasi masyarakat hingga saat ini sudah terkumpul lebih dari Rp196 miliar.

“Terima kasih masyarakat Indonesia di manapun saudara-saudara berada di seluruh dunia,” ucap Yuri.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)
pixels