'Saudara Muda' PAN Ditargetkan Deklarasi Desember 2020

Senin, 08 Juni 2020 - 11:15 WIB
loading...
Saudara Muda PAN Ditargetkan Deklarasi Desember 2020
Amien Rais. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Loyalis Amien Rais mengebut pembentukan partai baru. Calon 'saudara muda' Partai Amanat Nasional (PAN) itu ditargetkan deklarasi pada Desember 2020.

Salah satu motor penggeraknya, Agung Mozin, mengungkapkan meskipun saat ini tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat dirinya dan rekan-rekan untuk segera merealisasikan pembentukan partai baru.

"Selama ini kami menggunakan fasilitas zoom untuk koordinasi dan konsolidasi kekuatan-kekuatan untuk melahirkan partai. Kami tetap melakukan kerja politik selama Covid-19. Insya Allah Desember sudah deklarasi," ujarnya saat dihubungi SINDOnews, Senin (8/6/2020).

Agung mengaku sedang melakukan survei untuk menangkap suara dan persepsi masyarakat terhadap partai politik. Dia menerangkan, mendirikan partai itu tidak boleh didasari oleh sikap emosional terhadap suatu kejadian. "Memang kami membuat partai ini dan menentukan arahnya harus berbasiskan riset," ucapnya. ( ).

Eks Ketua DPP PAN itu menargetkan sebelum Desember 2020 sudah mendapatkan surat keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Dia sesumbar tidak terlalu sulit untuk melengkapi syarat administrasi dan membangun infrastruktur partai dari pusat hingga daerah.

Aturan itu tercantum pada Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik (Parpol). Pasal 3 ayat 2 huruf c UU tersebut menyebutkan parpol harus memiliki pengurus di 34 provinsi, serta 75 persen dari total kabupaten/kota dan 50 persen di kecamatan di seluruh Indonesia.

"Tidak terlalu sulit bagi kami. Karena memang kami-kami yang terlibat dalam pembentukan wadah baru, merupakan orang-orang yang sudah lama berkecimpung di partai," terangnya. (Baca Juga: Dwi Sasono Ditahan karena Kasus Narkoba, Ini Alasan Widi Mulia Tetap Kuat Jalani Hidup).

Dia memastikan Amien Rais sudah bulat untuk mendirikan partai baru. Namun, para loyalis belum menentukan posisi untuk sang tokoh utama itu. "Pak Amien jadi semacam tokoh kami yang mempunyai posisi strategis dalam menjaga muruah partai. Juga pemberi semangat bagi kami," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)