Keberhasilan Ziggy Mengusik Ketenangan Pembaca

Sabtu, 13 November 2021 - 05:06 WIB
loading...
A A A
baca juga: Resensi Buku Lagi Probation: Menikmati Susahnya Mencari Kerja

Ziggy dalam novel ini juga bertutur dengan tidak biasa. Banyak sekali kalimat yang disengaja menggunakan homonim yang menghentak pembaca. Misalkan ketika diceritakan berkunjung ke rumah tetangga, maka anak-anak harus memberi salam. Salam yang muncul dalam logika orang kebanyakan adalah ucapan salam (greetings) ketika bersua pertama kali. Bagi Ziggy, tidak. Salam di sini adalah daun salam (Eugenia polyantha).

Tapi Ma tahu, karena dia adalah anak perempuan yang tahu banyak hal. Maka, dia keluarkan bungkusan plastik berisi Salam kering, dan berkata, “Halo.” (hal. 50) Frasa-frasa aneh seperti ini, akan kita temukan dalam sekujur tubuh novel. Bukan hal yang perlu dicela, tetapi menghadirkan gangguan yang tidak biasa kepada pembaca yang suka kenyamaan dalam membaca novel. Belum lagi menelisik kisah dan pesan-pesan tersembunyi dalam novel ini. Ziggy dengan nada anak-anak dan guyonannya, sedang mengkritik banyak hal yang terlalu nyaman dalam sistem sosial kita.

baca juga: Punya Taman Literasi, Anies: Jadikan Jakarta Kota Buku Dunia

Ziggy mengetengahkan bagaimana image normal dari anak laki-laki yang harus keren, dan anak perempuan haruslah manis, lembut. Tidak! Ziggy dalam novel ini ingin mendobrak stigma umum ini. Ya, Fufu anak laki-laki yang manis. Dan Fifi anak perempuan yang keren. Melepas stigma ini saja sudah suatu yang mendasar untuk pendidikan gender sedari dini. Belum lagi bagaimana keberadaan hewan manis kucing, bernama Nona Gigi dan bala-balanya di Kota Terapung Kucing Luar Biasa. Mereka diam-diam melawan domestikasi manusia dan menganggap musuh terbesar kucing adalah manusia.

Soal interaksi manusia dan kucing dalam novel ini pun sejatinya cukup menganggu. Digambarkan pembalasan dendam kucing kepada manusia adalah dengan mengolah tubuh, daging, tulang, kulit anak-anak. Menyeramkan memang. Tapi demikianlah cara Ziggy mengusik kenyamanan membaca kita. Dia hadir dengan sisi-sisi ekstrem yang selama ini muncul dalam stigma umum dalam wujud sebaliknya.

baca juga: Mengenang Tokoh dan Buku

Meskipun novel ini tampak gemas, unik, bertokoh anak-anak lengkap dengan ilustrasi. Jangan terburu-buru mendakwa novel ini cocok untuk kategori sastra anak. Ziggy memang konsen dengan dunia yang diceritakan oleh anak-anak, sebagaimana novel Di Tanah Lada yang menjadi salah satu pemenang Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta. Namun, perkara-perkara yang diketengahkan bukanlah hal yang enak dikonsumsi oleh anak-anak. Humor-humor sinikal, sesekali gelap, sedikit adegan visual mengganggu. Semuanya diramu dalam novel yang cukup pendek dengan keberhasilan mengusik yang harus diacungi jempol.

Ziggy tidak main-main untuk menghadirkan dunia dalam kepala anak-anak, sekaligus keseriusan mendobrak tatatan kalimat dalam kebanyakan novel. Tanpa perlu menunggu pelabelan pendobrak atau generasi baru, Ziggy telah lebih dulu membuktikannya. Berani menguji? Silakan dibaca. Pada halaman berapa ketenangan membaca kalian terusik? Saya, jujur diakui, sejak halaman sampul dan pilihan alternatif judul.

Judul : Kita Pergi Hari Ini: Atau Tempat-Tempat Indah Dalam Mimpi-Mimpi Anak-Anak Baik-Baik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)