Polri Punya 3 Jenderal Bintang Dua Baru, Ini Profilnya

Kamis, 11 November 2021 - 15:57 WIB
loading...
Polri Punya 3 Jenderal Bintang Dua Baru, Ini Profilnya
Tiga Pati Polri mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang dua adalah Irjen Charles Bonardo Sadatua Nasution, Irjen Ibnu Suhendra, dan Irjen Helmy Santika. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 11 Perwira Tinggi (Pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Tiga di antaranya mendapat kenaikan pangkat dari Brigjen menjadi Irjen.

Ketiga Pati yang mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang dua adalah Irjen Pol Charles Bonardo Sadatua Nasution, Irjen Pol Ibnu Suhendra, dan Irjen Pol Helmy Santika. Berikut ini perjalanan karier ketiganya di Korps Bhayangkara:

1. Irjen Pol Charles Bonardo Sadatua Nasution
Pria kelahiran Desember 1963 ini adalah seorang Pati Polri yang sejak 31 Oktober 2021 mengemban amanat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang intel. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini ini adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat II Sespim Lemdiklat Polri.

Charles memegang tongkat komando menjadi Kapolres Tapanuli Tengah, kemudian pada 2005 naik menjadi Pamen Polda Sumut. Charles kemudian dipercaya mengisi posisi Irbidops Itwasda Polda Sumut dan naik menjadi Dir Samapta Polda Sumut pada 2010.

Setahun berselang, Charles mengisi posisi Kaprodi S1 Adminpol Ditprog Sarjana STIK Lemdikpol pada 2011. Pada 2015, Charles kembali ditarik ke Sumut menjadi Karoops Polda Sumut.

Di tahun 2016, Charles ditarik menjadi Irbidjemenopsnal II Itwil III Itwasum Polri dan kemudian menjadi Wadirpamobvit Baharkam Polri. Kariernya terus meningkat dengan menduduki posisi Wakapolda Maluku Utara pada 2017.

Dari Maluku Utara, Charles kemudian ditarik menjadi Tenaga Ahli Pengajar Madya bidang Hukum dan HAM Lemhanas pada 2018. Tak lama berselang ditunjuk mengisi posisi Analis Kebijakan Utama bidang Kamneg Baintelkam Polri.

Pada 2019, Charles digeser kembali menjadi Wakapolda Jambi dan Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri di tahun yang sama.

2. Irjen Pol Ibnu Suhendra
Pria kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur ini adalah seorang Pati Polri yang menjabat sebagai Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT RI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)