Kesungguhan Memberantas Korupsi

Sabtu, 06 November 2021 - 05:50 WIB
loading...
A A A
Buku ini pun menghadirkan kritik bagi KPK secara kelembagaan agar dapat melakukan evaluasi berkala terhadap pelaksanaan berbagai program pencegahan korupsi serta kritik bagi para insan KPK bahwa sangat diperlukan juga konsistensi antara pernyataan dan perbuatan, antara ucapan dan tindakan serta kejernihan hati dan niat yang tulus agar tak berbuat tuna-etika dan tuna-integritas.

BukuMembendung Korupsi Demi Negeriini menunjukkan kepada kita semua tentang bagaimana perjalanan panjang pencegahan korupsi di Indonesia, lebih khusus setelah KPK berjalan sejak era pimpinan periode 2003—2007. Melalui enam bab yang disusun-sajikan oleh penulis cum jurnalis ini, para pembaca akan diajak untuk mengenal dan mengetahui lebih dalam mengenai hal ihwal pendidikan anti-korupsi, pencegahan, dan penindakan korupsi di Indonesia, mulai dari unit terkecil masyarakat dan meluas ke lingkup yang lebih besar.

Sekaitan dengan pendidikan anti-korupsi dalam beragam program yang diluncurkan oleh KPK, penulis memberikan pembahasan menarik mencakup medium dan pemanfaatan internet serta platform digital, kisah teror yang dialami oleh insan KPK, berbagai strategi pencegahan, strategi penindakan, dan upaya penyelamatan aset negara pada sektor sumber daya alam dan dunia usaha.

baca juga: KPK Sebut Suap Kerap Jadi Modus Pelaku Usaha untuk Dapat Proyek Pemerintah

Buku ini diakhiri dengan serangkaian pembahasan mengenai upaya meningkatkan transparansi pejabat publik dengan pemanfaatan teknologi informasi terkini dan inovasi. Buku ini sangat berbobot dari segi muatan isinya maupun dari segi ketebalannya. Keutuhan pembahasan terlihat diupayakan oleh penulis meski harus dibayar dengan postur buku yang cukup tebal.

Sebagai penutup, saya kutipkan pernyataan Prof Dr Azyumardi Azra MA CBE. pada halaman kata sambutan, “Sebagai kejahatan kemanusiaan, korupsi telah berdampak luar biasa bagi sendi-sendi dan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Hak-hak masyarakat tak terpenuhi dengan baik dan utuh, kepercayaan rakyat dinistakan, merusak demokrasi, kekayaan negara dan daerah dirampok, hingga kekayaan alam dikeruk sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan dan menimbulkan bencana alam.”

Judul : Membendung Korupsi Demi Negeri

Penulis : Sabir Laluhu

Penerbit : Balai Pustaka Kota Jakarta

Terbit : Oktober 2021
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)