Legislator PKB Ajak Mahasiswa Berpartisipasi dalam Penyusunan UU di DPR

Minggu, 24 Oktober 2021 - 14:35 WIB
loading...
Legislator PKB Ajak Mahasiswa Berpartisipasi dalam Penyusunan UU di DPR
Anggota DPR RI asal Fraksi PKB Nur Yasin mengajak mahasiswa ikut berpartisipasi dalam penyusunan UU yang dilakukan di DPR. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota DPR RI asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nur Yasin mengajak mahasiswa ikut berpartisipasi dalam penyusunan Undang-Undang (UU) yang dilakukan di DPR.

Hal itu dikatakan Yasin dalam Webinar yang diselenggarakan oleh BEM FISIP Universitas Jember bertajuk 'Spirit Revivalis Untuk Membangkitkan Peran Mahasiswa Dalam Dunia Legislasi Guna Mewujudkan Bangsa Yang Berkemajuan' Minggu (24/10/2021).

Nur Yasin yang hadir sebagai narasumber utama dalam acara tersebut menjelaskan sudah saatnya mahasiswa memiliki kesadaran penuh untuk terlibat dalam penyusunan UU. "Sudah saatnya Mahasiswa berpartisipasi aktif di dalam pengawalan penyusunan UU yang sedang dibahas di DPR. Mahasiswa juga harus aktif memberi gagasan dan opini ke DPR. Hal ini dikarenakan mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan Indonesia yang akan menjalankan UU tersebut,' katanya.

Nur Yasin juga menjelaskan proses penyusunan Undang-Undang dengan detail, bahkan dalam perjalanannya juga tak jarang mendapat tekanan dari pihak-pihak eksternal yang berkepentingan. Di sinilah dibutuhkan anggota dewan yang berintegritas. "Makanya adik-adik mahasiswa harus mempersiapkan mental sebaik mungkin bila ada yang bercita-cita menjadi anggota DPR," ujarnya.
Webinar ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa Unej dan kampus lainnya di Jawa Timur. Di akhir paparannya, anggota dewan dari Dapil IV Jatim ini menyarankan agar Unej membuat miniatur DPR Kampus. Bisa melalui Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) yang dilengkapi komisi-komisi dan alat kelengkapan dewan persis seperti di parlemen Senayan. "Harapannya mahasiswa bisa belajar lebih mendalam tentang dunia parlemen," ujar Nur Yasin.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)