Peringatan Hari Santri Nasional, PKB : Santri Masa Depan Negeri

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 14:27 WIB
loading...
Peringatan Hari Santri Nasional, PKB : Santri Masa Depan Negeri
Peringatan HSN 2021 di Pesantren Sa’adatuddaroin, Desa Desa Solokanjeruk Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung Jawa Barat, Jumat (22/10/2021).
A A A
BANDUNG – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 berlangsung meriah. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai momentum HSN sebagai penegasan akan peran penting santri bagi masa depan Indonesia.

“Pesantren merupakan prototipe terbaik sistem pendidikan di tanah air. Kita akan bangkit melalui dunia santri. Dalam berbagai momentum kritis bangsa ini, pesantren telah terbukti mampu menjadi dinamisator sekaligus ujung tombak menyelesaikan berbagai persoalan negeri,” ujar Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Syamsurijal saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HSN 2021 di Pondok Pesantren Sa’adatuddaroin, Desa Desa Solokanjeruk Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung Jawa Barat, Jumat (22/10/2021).

Cucun menjelasan para santri dan kiai di masa awal kemerdekaan mampu menunjukkan militansinya dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pun di masa kritis saat terjadi berbagai konflik ideologis, santri dan kiai tetap istiqomah mempertanankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Pun di masa kini kaum sarungan para lulusan pesantren mampu mewarnai dan mengisi pembangunan, menjadi aktor penting baik di ranah eksekutif maupun legislatif,” katanya. (Baca Juga :Menag Yaqut Pastikan Tidak Ada Radikalisme di Pesantren)

Ketangguhan pesantren, kata Cucun kembali terbukti selama Pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. Di saat semua system pendidikan harus ditutup agar tidak menjadi kluster penularan Covid-19, Pesantren mampu menjadi satu-satunya lembaga pendidikan yang bisa menyelenggarakan pendidikan tatap muka. “Pesantren mampu menunjukkan ketangguhannya, Pesantren bisa menjalankan proses belajar mengajar mentransfer ilmu dari para kiyai ke para santrinya secara tatap muka. Dan Alhamdulillah, semuanya selamat," katanya.

Alumni Pesantren Cipasung ini mengaku heran dengan sebagian kalangan yang masih meragukan kontribusi dan Khidmah pesantren untuk Indonesia. Dia menegaskan meskipun para santri dan kiai identik dengan sarung sebagai bentuk kesederhanaan, namun kualitas mental pemikiran mereka tidak kalah dengan produk lembaga pendidikan asing. “Kreativitas santri itu sempat dipertanyakan oleh sejumlah kalangan. Mereka mempertanykan apa output dan outcome dari pendidikan ala pesantren. Bagi kami ini pertanyaan lucu dan tidak usah kita tanggapi. Cukup kita buktikan dengan peran yang lebih besar bagi bangsa dan negara saat ini dan masa depan,” katanya. (Baca Juga :Hari Santri Nasional, Wapres Harap Pesantren Cetak Pendakwah Go Digital)

Dalam kesempatan itu, Cucun mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas perhatiannya kepada dunia pesantren. Harus diakui perhatian negara selama 5-7 tahun terakhir begitu luar biasa. Negara saat ini telah mengakui eksistensi dari santri. Mulai dari penetapan adanya Hari Santri, penetapan Undang-Undang Nomor 18/2019 tentang Pesantren, hingga yang terbaru terbitnya Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 82/2021 tentang Dana Abadi Pesantren. "Di sisi lain kita juga memiliki pendanaan pesantren dari kemandirian pesantren. Jadi kita akan terus mengawal para lebah-lebah PKB yang ada di Lembaga Legistalif akan terus meyakinkan Ibu Menteri Keuangan dan meyakinkan Menteri Bappenas, bagaimana negara perlu hadir di tengah-tengah komunitas pesantren yang kiprahnya begitu banyak," katanya.

Upacara Peringatan HSN di Pesantren Sa’adatuddaroin, Desa Desa Solokanjeruk Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung Jawa Barat ini memang berlangsung meriah. Sebanyak 1.000 kiai, santri, dan masyarakat ikut kirab bersama sebelum melaksanakan upacara bendera. Selain kirab dan upacara bendera, peringatan HSN di Pesantren Sa’adatuddaroin juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni Islam dan Pesantren Expo yang menjadi kesempatan bagi para santri menunjukkan karya-karya mereka. Semua rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional ini dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.
(war)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3246 seconds (0.1#10.140)