Hasil Survei, Elektabilitas Ganjar Alami Lonjakan 6 Persen

Rabu, 20 Oktober 2021 - 13:02 WIB
loading...
Hasil Survei, Elektabilitas Ganjar Alami Lonjakan 6 Persen
Elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 kini sejajar. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 kini sejajar. Padahal di survei-survei sebelumnya, Prabowo selalu lebih unggul.

Baca Juga: Ganjar
Baca juga: Ditegur DPP PDIP Gara-Gara Dukung Ganjar, Albertus Sumbogo: Semakin Ditekan, Kami Melawan

Peneliti Litbang Kompas, Yohan Wahyu menjelaskan, dari tiga nama calon presiden yang mempunyai elektabilitas teratas, hanya Ganjar Pranowo yang mengalami kenaikan. Kenaikan ini membuat posisi Ganjar sejajar dengan Prabowo.

"Jika dibandingkan survei April, elektabilitas Ganjar mengalami lonjakan 6 persen, sedangkan Prabowo 2,5 persen. Sementara Anies cenderung stagnan," kata Yohan, Rabu (20/10/2021).

Kandidat capres di bawah Prabowo dan Ganjar adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Litbang Kompas juga merilis elektabilitas Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang mendapat angka 1,9 persen, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani dengan elektabilitas di bawah 1 persen.

Survei digelar pada 26 September-9 Oktober 2021. Jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini 95% dengan margin of error plus-minus 2,8%.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)