Kapolri: Seluruh Polda Antisipasi Pertumbuhan Covid-19 dan Maksimalkan Persiapan Event Internasional

Selasa, 12 Oktober 2021 - 17:35 WIB
loading...
Kapolri: Seluruh Polda Antisipasi Pertumbuhan Covid-19 dan Maksimalkan Persiapan Event Internasional
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberi pengarahan terbaru melalui vicon kepada seluruh jajaran Polda, terkait evaluasi PPKM, Selasa (12/10/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberi pengarahan terbaru melalui vicon kepada seluruh jajaran Polda, terkait evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Kapolri
Baca juga: Soal Surat Terbuka ke Kapolri, Puspomad Proses Hukum Brigjen TNI JT

"Persiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap pelonggaran, agar tidak terjadi lonjakan kasus kembali," kata Sigit saat memberi pengarahan kepada seluruh Polda jajaran.

Menurut Sigit, salah satu upaya untuk mencegah laju pertumbuhan Covid-19 dan persiapan untuk menuju peralihan dari Pandemi ke Endemi, adalah dengan tetap melaksanakan pengetatan protokol kesehatan (prokes), melalui 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), penguatan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) serta percepatan vaksinasi.

Dalam melakukan antisipasi lonjakan di tengah pelonggaran aktivitas masyarakat, Sigit meminta kepada seluruh Polda jajaran untuk memaksimalkan aplikasi PeduliLindungi.

Platform tersebut harus disediakan di segala lini pusat aktivitas warga. Sehingga, akselerasi vaksinasi masyarakat dapat maksimal dilakukan.

"Maksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Pengawasan terhadap masyarakat dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Apabila ditemukan kategori kuning atau merah berikan pelayanan vaksin dengan menyediakan gerai vaksinasi maupun vaksin mobile," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Lebih dalam, Sigit juga menyatakan perlu adanya antisipasi dini untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 seperti MU dan Lamda dari luar negeri yang disebabkan dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Terkait kebijakan Pemerintah yang berencana ingin membuka pintu bagi wisatawan asing maupun WNI yang pulang dari luar negeri, Sigit berharap ada antisipasi dan pengawasan penanganan Covid-19 yang ekstra ketat.

"Tolong dicek lagi sistem pengamanan seperti apa, apalagi kalau sudah dibuka SOP-nya betul-betul dilaksanakan. Jangan kemudian kita abai, lengah dan apa yang kita lakukan selama ini sia-sia," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)