Biografi Ki Hajar Dewantara: Diasingkan ke Belanda, Tanggal Lahirnya Diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional

Senin, 11 Oktober 2021 - 13:24 WIB
loading...
A A A
Dibuang jauh dari tempat kelahiran, Ki Hajar Dewantara tak tinggal diam. Dia memanfaatkan masa itu dengan belajar ilmu pendidikan. Akta Guru Eropa (Euroeeshe Akte) pun diraihnya.

Kembali ke Tanah Air pada 1919, Ki Hajar tetap mengkritik penjajah. Dia juga berkarier sebagai guru. Lalu, pada 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara kemudian mendirikan Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa atau Perguruan Nasional Taman Siswa.

Semboyan yang dipakai perguruan ini adalah Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani. Artinya, Di depan memberi contoh, Di tengah memberi semangat, Di belakang memberi dorongan.



Pada masa pendudukan Jepang, Ki Hajar tetap memperjuangkan nasib bangsa. Baginya, Jepang bukanlah saudara tua bagi Indonesia.

Ketika Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) terbentuk pada 12 Agustus 1945, Ki Hajar Dewantara adalah salah satu anggota PPKI yang ditunjuk tanpa seizin Jepang.

Setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pengajaran. Ki Hajar Dewantara meninggal pada 26 April 1959 di Yogyakarta, kemudian dimakamkan di Taman Wijaya Brata, Yogyakarta.

Ki Hajar Dewantara dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden Nomor 305 Tahun 1959 28 November 1959. Tanggal kelahirannya, 2 Mei, kemudian diperingati sebagai Hari Pendikan Nasional (Hardiknas).

*Diolah dari berbagai sumber
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)