Don't Lose Yourself Over Social Media

Selasa, 28 September 2021 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Hal ini untuk membangun kesadaran diri dalam melakukan pembekalan serta pendampingan bagi anak usia dini, ketika anak-anak menggunakan media internet ketika bukan untuk keperluan PJJ.

Selain itu, instensitas penggunaan media sosial dapat meningkatkan kecemasan diri (self-anxiety), komparasi diri (self-comparison), akhirnya menimbulkan emosi diri dan pikiran menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan tersebut, juga dapat memengaruhi penurunan kepercayaan diri (low selfconfidence) serta penghargaan diri (low self-esteem).

Oleh karena itu, mengetahui bahwa pentingnya pendampingan dan pembekalan melalui peran literasi digital ini, maka terdapat pendekatan komunikasi (5w+1H) melalui three things saat menggunakan media sosial ialah:

1. Purpose
Tentukan tujuan ketika ingin menggunakan media sosial untuk apa.

2. Consistent
Tindakan yang konsisten menciptakan hasil yang konsisten, dengan kata lain setelah menetapkan tujuan penggunaan media sosial, konsisten dengan tujuan yang telah ditetapkan sehingga dapat mengatasi dampak yang dapat timbul.

3. Comitment
Komitmen merupakan hal yang penting sebagai upaya pencegahan kecanduan penggunaan media sosial, yakni dengan melakukan komunikasi intrapersonal selanjutnya membuat SWOT personal analysis untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat menginterupsi komitmen diri yang telah dibentuk.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)