TV Analog Segera Berakhir, Ini Cara Berganti TV Digital

Sabtu, 25 September 2021 - 13:04 WIB
loading...
A A A
Tanda sertifikasi penting karena memastikan barang elektronik yang hendak dibeli sesuai spesifikasi sistem teknologi di Indonesia dan terdapat garansi dari produsennya. Perlu diingat bahwa nantinya, siaran TV Digital akan tersambung dengan beragam informasi penting, salah satunya peringatan dini kebencanaan atau Early Warning System (EWS). Menggunakan alat yang tersertifikasi menjamin fitur-fitur penting tersebut berfungsi dengan baik sehingga mampu menampilkan seluruh program siaran yang sudah tersedia.

Bantuan Masyarakat Tidak Mampu
Bagi rumah tangga miskin, pemerintah memberi perhatian lebih dalam proses beralih ke siaran TV Digital ini. Skema STB bantuan untuk masyarakat yang masuk dalam kriteria penerima bantuan. “Pemerintah menyadari bahwa bagi masyarakat miskin, membeli STB seharga 300 ribu ini barangkali kesusahan, karena kondisi pandemi. Mari kita data, mari kita catat, kita ketahui, kelompok masyarakat tersebut yang masuk di dalam dalam kriteria miskin dan memiliki televisi,” ungkap Ismail.

Sekarang, sebagian besar wilayah di Indonesia sudah bisa menerima siaran TV Digital. Dengan adanya sistem simulcast, yaitu siaran TV Digital dipancarluaskan parallel bersamaan dengan siaran TV Analog, 87 wilayah layanan dari total 112 wilayah layanan yang akan dilakukan penghentian siaran TV analog sudah bisa menonton siaran TV Digital.

Segeralah beralih ke siaran TV Digital, tanpa perlu menunggu jadwal penghentian siaran TV Analog tiba. Bagi yang sudah merasakan manfaat siaran TV Digital, ajaklah kerabat, teman atau tetangga untuk beralih ke TV Digital. Sampaikan juga informasi bahwa TV Digital itu gratis, tidak perlu membayar untuk menontonnya, tidak perlu berlangganan atau membeli pulsa juga. Bersih gambarnya jernih suaranya dan canggih teknologinya.

Seorang warga menunjukkan salah satu contoh perangkat Set Top Box (STB) DVBT2 yang akan digunakan untuk menyaksikan siaran televisi digital, Kamis (23/9/2021). Hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli berbagai peralatan elektronik, teve atau STB, dalam rangka beralih ke teve Digital, yaitu pilih produk yang bersertifikasi Kominfo seperti tanda ‘Siap Digital’, DVBT2, atau dus terdapat gambar Si MODI. CM
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2338 seconds (0.1#10.140)