Etika Pelajar di Dunia Digital

Senin, 22 April 2024 - 21:00 WIB
loading...
Etika Pelajar di Dunia Digital
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI mengadakan kegiatan talkshow chip in ‘Etika Pelajar di Dunia Digital’ di SMA Negeri 95 Jakarta Barat, pada Jumat (19/4/2024).
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI mengadakan kegiatan talkshow chip in ‘Etika Pelajar di Dunia Digital’ di SMA Negeri 95 Jakarta Barat, pada Jumat (19/4/2024).

Acara yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital ini diikuti oleh sekitar 660 siswa.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Masyarakat Indonesia tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori ‘sedang’ dengan angka 3.49 dari 5,00.

Kegiatan literasi digital di lingkungan pendidikan merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Talkshow chip in diawali dengan sambutan dari Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia Semuel Abrijani Pangerapan. Ia menyampaikan pentingnya mempersiapkan talenta digital Indonesia agar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi digital serta memiliki kemampuan dalam menanggulangi resiko yang muncul bersamanya. “Ada empat pilar utama literasi digital, yakni Kecakapan Digital, Budaya Digital, Etika Digital dan Keamanan Digital,” ucapnya.

Sambutan kedua sekaligus pembukaan kegiatan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi secara daring. Menurut Menteri Budi Arie, manfaat ekonomi dalam kegiatan literasi digital antara lain meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan berbasis ekonomi digital.

Menkominfo juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan literasi digital, untuk mewujudkan Indonesia terkoneksi dan semakin maju.

Kegiatan talk show chip bertujuan memberi edukasi mengenai literasi digital dengan cara yang mudah diterima siswa. Sesi talk show dimulai dengan pemutaran video animasi berjudul ‘4 Jurus Literasi Digital’.

Empat jurus yang dimaksud adalah Interaksi, Partisipasi, Kolaborasi dan Kontrol diri agar para peserta didik #MakinCakapDigital.

Penjelasan mengenai literasi digital disampaikan oleh tiga orang narasumber, yaitu Dosen Prodi Magister Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Aminah Swarnawati, penggiat literasi dan advokasi sosial Ari Ujianto, dan seorang influencer kenamaan Khanza Putri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)