Bagaimana Menjadi Pemimpin Berdampak Besar bagi Organisasi?

Kamis, 16 September 2021 - 20:58 WIB
loading...
Bagaimana Menjadi Pemimpin Berdampak Besar bagi Organisasi?
Bertahan dan berkembang di lingkungan baru ini sangat bergantung pada jenis kepemimpinan yang tepat. Sebuah kepemimpinan dengan dampak yang besar. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
Rudolf Tjandra
CEO & Presiden Direktur, PT Sasa Inti
Praktisi Cendekiawan, Peneliti & Spesialis Transformasi,
Mengubah Perusahaan Menjadi Pemimpin Pasar

KEPEMIMPINAN tidak pernah sepenting sekarang ini. Organisasi dari setiap ukuran sekarang bergulat dengan kompleksitas yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh VUCA (volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity) yang sangat intensif, tekanan persaingan yang meningkat, dan harapan karyawan yang meningkat.

Tuntutan yang diberikan kepada para pemimpin saat ini untuk menjadi agen perubahan yang berpengaruh belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka yang menemukan diri mereka naik melalui jajaran kepemimpinan sering didorong untuk mendorong tim mereka ke level yang baru dan memainkan peran aktif dalam membentuk organisasi mereka untuk mengikuti pasar dan siklus bisnis yang berkembang pesat saat ini.

Bertahan dan berkembang di lingkungan baru ini sangat bergantung pada jenis kepemimpinan yang tepat. Sebuah kepemimpinan dengan dampak yang besar. Apa artinya berpikir seperti pemimpin yang berdampak berdampak besar?

Pemikiran pemimpin berdampak besar memerlukan pemahaman tantangan kepemimpinan jangka panjang untuk memberikan nilai dalam jangka panjang. Nilai-nilai membentuk aspek penting dari kepemimpinan dan dapat menginformasikan bagaimana seorang pemimpin berpikir dan membuat keputusan.

Menyelaraskan kepemimpinan dengan nilai-nilai pribadi dapat mengarah pada kepemimpinan yang positif dan memiliki tujuan yang sesuai dengan masa kini dan masa depan. Jadi, nilai-nilai seperti apa yang bisa menonjol?

Bagi saya, itu adalah nilai yang diperoleh dari merasa nyaman dengan kenyataan bahwa mereka tidak memiliki semua jawaban, sebuah situasi yang terlalu umum di dunia yang kompleks saat ini. Memimpin adalah tentang mengajukan pertanyaan yang tepat dan membawa perspektif baru, memungkinkan orang lain menjadi sumber ide.

Salah satu cara untuk meningkatkan ini dalam praktik nyata adalah dengan menerapkan fokus pada “kepemimpinan terdistribusi”: semakin banyak organisasi menyebarkan kepemimpinan ke seluruh struktur mereka, semakin efektif kita.

Peran seorang pemimpin adalah untuk mencapai tujuan bersama dengan dan melalui orang lain. Secara tradisional, ini mengharuskan para pemimpin untuk memenuhi tujuan tim dengan memastikan bahwa bawahan melakukan tugas mereka dengan tepat.

Di bawah model lama, para pemimpin membuat karyawan tetap terlibat dengan menetapkan tugas, mengelola hubungan karyawan dengan organisasi, memantau kinerja dan mempertahankan motivasi tinggi. Tentu saja, semua aktivitas dan kompetensi ini tetap penting. Tetapi mereka tidak lagi cukup untuk memenuhi persyaratan kompleks bisnis abad ke-21.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)