Jadikan Taliban Inspirasi, Pengamat Sebut Kelompok Teror Salah Alamat

Senin, 23 Agustus 2021 - 16:50 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan, kalau pun berkuasanya Taliban diambil sebagai momentum oleh kelompok-kelompok teror, itu tidak akan diiyakan oleh pihak Taliban. “Mengapa, karena itu tadi, Taliban tidak mau mengulangi problem yang sama,” kata dia.

Kalau pun ada kekhawatiran pada isu Talibanisme di Tanah Air, Muradi mengingatkan bahwa fokusnya cenderung mengarah pada kelompok Jamaah Islamiyah (JI). “Memang mereka (JI) bisa mengapitalisasi isunya, meskipun mereka tidak memiliki relasi lagi dengan Taliban karena Taliban sekarang ini punya karakter yang sudah berbeda,” paparnya.



Muradi justru khawatir bukan pada Talibannya, termasuk jika ada warga Afghanistan yang eksodus ke Indonesia untuk mencari suaka. Justru, yang perlu diwaspadai menurut dia adalah anggota kelompok ISIS yang saat ini diburu keluar dari Afghanistan dan kini sedang mencari tempat pelarian. Menurutnya ini yang perlu dijadikan atensi dan perlu diamati pemerintah.

“Taliban dengan ISIS dua hal yang berbeda. Sama ketika membandingkan antara Al-Qaida dengan ISIS yang memang beda. Mungkin yang bisa menguat saat ini adalah JI yang memang punya garis dengan alumni-alumni Afghanistan,” katanya.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bukhori Yusuf menilai, kekwahatiran pemerintah akan isu Taliban tidak relevan karena kelompok tersebut disebutnya merupakn gerakan lokal yang berakar kepada sufistik dan aliran fikih Hanafi. “Selain juga warna Taliban hari ini agak berbeda dengan Taliban 20 tahun lalu saat awal mereka berkuasa. Buktinya mereka mengedepankan dialog dan siap berdialog dengan kelompok lain di Afganistan, bahkan siap difasilitasi oleh negara lain, Qatar misalnya,” ujarnya Minggu (22/8/2021).

Baga Juga: Sujiwo Tejo Ungkap Cara Ampuh Melawan Taliban

Terhadap wanita pun pandangan Taliban berubah. Bukhori mengatakan, dulu Taliban melihat wanita hanya sebagai subordinat laki-laki, namun sekarang justru kelompok tersebut memberikan kebebasan wanita sepanjang menjaga etika-etika Islam. Karena itu dia menilai tidak ada yang perlu dikwahatirkan dari kemenangan Taliban.

“Tetapi memang tidak sedikit pihak yang berusaha memainkan provokasi melalui media dan lain-lain agar capaian Taliban seluruhnya adalah kekerasan dan intoleran, padahal tidak demikian,” tandas anggota Fraksi PKS DPR RI ini.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)