Ustaz Farid Ahmad Okbah Disebut Fasilitator Kelompok JI dan Al Qaeda di Afghanistan

Rabu, 17 November 2021 - 14:53 WIB
loading...
Ustaz Farid Ahmad Okbah Disebut Fasilitator Kelompok JI dan Al Qaeda di Afghanistan
BNPT menyebut terduga teroris Ustaz Farid Ahmad Okbah merupakan salah satu anggota Jamaah Islamiyah (JI). Dia tercatat pernah mengikuti pelatihan di Afghanistan. Foto/TANGKAPAN LAYAR Youtube Tafaqquh Online
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorime (BNPT) mengungkap peran terduga teroris Ustaz Farid Ahmad Okbah yang pergi ke Afghanistan. Ternyata, Farid bertugas sebagai fasilitator antara jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) dengan Al Qaeda yang berada di negara tersebut.

Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Brigjen Ahmad Nurwakhid menjelaskan, Ustaz Farid Ahmad Okbah sempat menjalin komunikasi dengan jaringan teroris internasional itu di Afghanistan.

"FAO ke Afganistan tidak dalam rangka pendidikan dan latihan. (Tujuan ke Afghanistan) Semacam afiliator atau koordinator JI untuk Al Qaeda di Afgan," kata Ahmad saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: BNPT Sebut Ustaz Farid Ahmad Okbah Pernah Ikut Pelatihan di Afghanistan

Ahmad menuturkan, Farid merupakan tokoh senior yang dapat diibaratkan sebagai aktor intelektual di organisasi teroris tersebut. Ia dianggap sebagai mentor di Jamaah Islamiyah. Kemudian, kata dia, Farid kerap memberikan pelatihan kepada sejumlah kader atau pun ustaz yang berkaitan dengan jaringan tersebut.

"Di tahun-tahun 92-an (Farid) ditunjuk sebagai ustaz yang mentraining sejumlah kader, ustaz yang menyebarkan visi dan misi JI dengan mendalaman kitab wahabi, fiqh jihad," ujar Ahmad.

Untuk diketahui, Ustaz Farid Ahmd Okbah ditangkap oleh Densus 88 di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021). Polisi juga menangkap Zain An-Najah dan Anung Al-Hamat. Mereka semua diduga merupakan kelompok dari Jamaah Islamiyah.

Baca juga: Ustaz Farid Okbah dan Zain An-Najah Ditetapkan sebagai Tersangka Teroris

Dalam hal ini, Farid memiliki sejumlah latar belakang di jaringan teroris JI. Ia merupakan bagian dari tim sepuh atau Dewan Syuro di organisasi teroris tersebut. Kemudian, Farid juga disebut sebagai anggota Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Badan Mal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) atau Yayasan amal yang didirikan untuk pendanaan JI. Farid juga pernah terlibat dalam pertemuan yang berkaitan dengan pengkaderan Jamaah Islamiyah (JI) di Bekasi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)