Sujiwo Tejo Ungkap Cara Ampuh Melawan Taliban

Minggu, 22 Agustus 2021 - 22:48 WIB
loading...
Sujiwo Tejo Ungkap Cara Ampuh Melawan Taliban
Sujiwo Tejo menyebutkan cengengesan sebagai cara ampuh melawan Taliban. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Budayawan Sujiwo Tejo menyebut bahwa kecacatan tidak bisa dijadikan alasan untuk menyerah dan menjadi suatu kelemahan siapa pun. Menurut Sujiwo, jika mengambil sisi positif dari Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, bahwa kecacatan bisa menjadi kekuatan.

"Jadi yang menarik dari Gus Dur adalah yang selama ini bagaimana kita terima kecacatan-kecacatan ini sebagai kekuatan kita," ujar Sujiwo dalam acara Haul Gus Dur ke 12 secara daring, Minggu (22/8/2021).

Hal lainnya, kata Sujiwo, yang bisa diambil dari pribadi Gus Dur yakni sifat cengengesan. Bahkan Cengengesan ala Gus Dur, menurut Sujiwo menjadi senjata ampuh untuk mencegah Taliban berkuasa di Indonesia.



"Mungkin yang bisa ditarik dari Gus Dur kalau saya lihat bukan Covid-19 tapi Taliban. Saat ini saya bilang Pak Mahfud, saya bilang Cak Imin selama kita masih cengengesan Taliban gaakan pernah berhasil di Indonesia," katanya diiringi tawa.

Sujiwo pun dengan kelakarnya menyuruh Mahfud MD yang saat itu menjadi anggota BPIP agar membuat program cengengesan untuk anak muda.

"Jadi Pak Mahfud kalau masih pegang BPIP sudah bikin program gausah tentang Pancasila, bikin seluruh rakyat Indonesia terutama milenial liat apapun cengengesan Taliban gaakan mungkin masuk, Pak Serius ini, Pak," katanya.



Sujiwo pun berpesan agar semua pihak bisa menghadapi semua tantangan saat ini termasuk pandemi covid-19 dengan ketenangan dan menikmati semua lika-liku termasuk dengan cengengesan.

"Hidup celelean ini enak, tantangannya dengan spirit Gus Dur dengan semuanya yang amburadul data covid-19, data kependudukan masih kacau balau semua mengeluh begini, kita nikmati itu dengan cengengesan," kata Sujiwo.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)