Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Cerita Perumusannya

Minggu, 15 Agustus 2021 - 06:10 WIB
loading...
A A A
"Bung Hatta sudah mempersiapkan, cuma nggak diberitahukan kalimatnya apa saja. Karena yang memberikan masukan kan Bung Hatta, apa yang ditulis Bung Karno juga ada beberapa kalimat dari Bung Hatta," ujarnya kepada SINDOnews, Sabtu (14/8/2021) malam.



Jaka juga menduga, kalimat 'dan lain lain' yang ada di Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut kemungkinan adalah hal yang diringkas dari buah pikir Bung Hatta. "Karena memang Bung Karno hanya menuliskan, sementara yang jago mengolah kata adalah Bung Hatta," ujarnya.

Jaka menambahkan, kemungkinan ketiga tokoh tersebut akhirnya menyepakati yang terpenting ada pernyataan merdeka. Apalagi, saat itu kelompok muda tidak mengganggap pertemuan yang digelar di Rumah Laksamana Maeda tersebut sebagai pertemuan anggota PPKI.



Dan, pada akhirnya Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dirumuskan oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan Achmad Soebardjo itu disetujui oleh para tokoh PPKI dan tokoh muda yang hadir, untuk selanjutnya dibacakan di Pegangsaan Timur 56 pada pukul 10.00.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3014 seconds (0.1#10.140)