Mengenal 5 Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Perannya

Jum'at, 21 Juli 2023 - 10:22 WIB
loading...
Mengenal 5 Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Perannya
Diorama Perumusan Naskah Proklamasi oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan Achmad Soebardjo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Jumat, 17 Agustus 1945 merupakan tonggak sejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Di balik peristiwa bersejarah tersebut, terdapat banyak tokoh yang memiliki peran dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Para tokoh tersebut berperan dalam perjuangan fisik, diplomasi, perumusan naskah proklamasi , hingga penyebaran berita proklamasi ke dalam dan luar negeri.

Tokoh Proklamasi Kemerdekaan

Berikut ini SINDOnews tampilkan lima tokoh di balik peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, lengkap dengan perannya.

1. Soekarno

Soekarno , yang lebih dikenal sebagai Bung Karno, adalah Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Bung memainkan peran utama dalam perjuangan kemerdekaan, menjadi pemimpin nasional yang karismatik dan visioner.

Bersama Mohammad Hatta dan Achmad Soebardjo, Bung Karno merumusan teks Proklamasi Kemerdekaan di rumah Laksamana Maeda yang terletak di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat. Bersama Bung Hatta, Bung Karno menandatangani naskah proklamasi. Bung Karno juga membacakan naskah proklamasi tersebut di Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta.

2. Mohammad Hatta

Salah satu peran penting Mohammad Hatta dalam Proklamasi Kemerdekaan adalah sebagai salah satu perumus dan penandatangan naskah proklamasi. Bersama dengan Soekarno, Bung Hatta menandatangani naskah tersebut sebagai pernyataan resmi yang mengumumkan kemerdekaan Indonesia.

3. Achmad Soebardjo

Ahmad Soebardjo juga memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia.Ketika Soekarno-Hatta 'diculik' kelompok pemuda ke Rengasdengklok, dia turut menjemput Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta. Achmad Soebardjo berhasil meyakinkan para pemuda untuk tidak terburu-buru memproklamasikan kemerdekaan.

Soebardjo juga berperan dalam proses penyusunan Naskah Proklamasi Kemerdekaan, Bung Karno dan Bung Hatta. Dia memberikan sumbangsih berharga dalam menyusun naskah proklamasi yang menjadi dasar dan pijakan bagi negara Indonesia yang baru merdeka.

4. Sayuti Melik

Sejarah mencatat Sayuti Melik sebagai pengetik Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Naskah Proklamasi itu diketik Sayuti Melik menggunakan mesin tik pinjaman Komandan Angkatan Laut Jerman.



Saat perumusan naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda, sekarang Jalan Imam Bonjol No 1 Jakarta, pada 17 Agustus 1945 dini hari, Sayuti Melik dan Soekarni yang merupakan wakil para pemuda ikut hadir. Setelah konsep naskah proklamasi yang dirumuskan oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan Achmad Soebardjo jadi, konsep tersebut dibacakan di hadapan para tokoh yang hadir. Setelah disetujui, Bung Karno memerintahkan Sayuti Melik untuk mengetik naskah proklamasi tersebut.

5. Soekarni Kartodiwirjo

Soekarni Kartodiwirjo seorang tokoh penting dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dia merupakan salah satu tokoh muda yang 'menculik' Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok .



Dia pula yang mengusulkan agar Soekarno dan Hatta saja yang menandatangani naskah proklamasi. Sebelumnya, Soekarno dan Hatta mengusulkan agar naskah proklamasi tersebut ditandatangani oleh seluruh tokoh yang haditr di rumah Laksamana Maeda. Akhirnya, usul Soekarni diterima. Naskah proklamasi tersebut hanya ditandatangani Soekarno-Hatta.

MG/Vanya Aisy Nourzaki
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)