Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Beserta Sejarahnya

Rabu, 02 Agustus 2023 - 19:59 WIB
loading...
Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Beserta Sejarahnya
Diorama Perumusan Naskah Proklamasi oleh Bung Karno, Bung Hatta, dan Achmad Soebardo di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia beserta sejarahnya menjadi hal yang wajib diketahui oleh semua warga negara Indonesia. Pasalnya, proklamasi menjadi tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia sejak 17 Agustus 1945 silam.

Momentum pembacaan teks proklamasi oleh Presiden Ir Soekarno yang didampingi wakilnya Moh Hatta menjadi sebuah sejarah yang harus selalu dikenang. Bukan hal yang mudah untuk bisa dengan lantang membaca proklamasi di tengah masa penjajahan.

Untuk meningkatkan jiwa nasionalisme, berikut ulasan isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia beserta sejarahnya.

Isi Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi,

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia,

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekuasaan d.l.l, diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat - singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta.

Sejarah Proklamasi

Teks proklamasi dibacakan di kediaman Bung Karno, sapaan akrab Soekarno, yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 yang saat ini dikenal sebagai Jalan Proklamasi yang terletak di bilangan Jakarta.

Pembacaan teks proklamasi dibacakan langsung oleh Soekarno tepat pukul 10.00 WIB dan disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia dan tokoh-tokoh petinggi bangsa Indonesia yang berperan penting dalam proses kemerdekaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)