PPKM Harus Diikuti Kesadaran Masyarakat Menerapkan Protokol Kesehatan

Kamis, 12 Agustus 2021 - 10:41 WIB
loading...
PPKM Harus Diikuti Kesadaran Masyarakat Menerapkan Protokol Kesehatan
Kampanye taati protokol kesehatan demi cegah penularan Covid-19. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) dinilai sangat berdampak terhadap pencegahan penularan Covid-19 sejauh ini. Jika disertai kesadaran masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes), PPKM akan efektif.

Maka itu, politikus Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir menuturkan pemerintah tidak perlu ragu menerapkan PPKM . "Agar kebijakan ini bisa efektif, harus disertai kesadaran masyarakat untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Apabila tidak ada kesadaran, jangan harap pandemi Covid-19 selesai dalam waktu dekat," ujar Inas, Kamis (12/8/2021).

Dia berpendapat bahwa selama ini kelompok yang menolak PPKM lebih benuansa politis. Dirinya menduga kelompok yang menolak hanya ingin mencari panggung politik dan belum tentu benar-benar peduli dengan kondisi bangsa.



Dia berharap pemerintah tidak terburu-buru melonggarkan PPKM atau bahkan menghapusnya. Jangan sampai pengorbanan masyarakat menjadi sia-sia, karena mungkin saja kasus Covid-19 kembali naik setelah PPKM dilonggarkan. Terlebih, banyak kabupaten/kota di Jawa-Bali masih zona merah berdasarkan indikator PPKM.

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR Wenny Haryanto berpendapat bahwa PPKM sudah berjalan baik. Salah satu contohnya, petugas di lapangan seperti polisi, Satpol PP, dan tentara melaksanakan tugas dengan pendekatan humanis.

Menurut dia, pembatasan mobilitas masyarakat selama PPKM menjadi salah satu faktor menurunnya kasus Covid-19. "Sehingga mengurangi potensi kerumunan dan pertemuan yang sangat berpotensi penularan yang semakin masif. Ditambah faktor masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan," ujar Wenny.

Wenny menyebut antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi cukup meningkat. "Bisa kita lihat dengan turunnya angka masyarakat yang terpapar Covid-19," kata politikus Partai Golkar ini.

Wenny menambahkan, pemerintah memfokuskan penanganan krisis kesehatan, tapi dia yakin kesempatan orang untuk mencari nafkah pelan-pelan akan semakin dimudahkan. "Agar imun tetap bagus dan masyarakat tetap berpenghasilan," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3747 seconds (0.1#10.140)