Kemenkes Sebut Hanya 5 Daerah yang Penuhi Target Tracing dan Testing Covid-19

Rabu, 21 Juli 2021 - 20:15 WIB
loading...
Kemenkes Sebut Hanya 5 Daerah yang Penuhi Target Tracing dan Testing Covid-19
Warga menjalani tes usap (swab test) di Genomic Solidaritas Indonesia (GSI) Lab di Jakarta, Rabu (16/12/2020). FOTO/DOK.SINDOnews/EKO PURWANTO
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatann ( Kemenkes ), Siti Nadia Tarmizi menyebutkan capaian tracing dan testing Covid-19 pada daerah PPKM Level 4 masih rendah meski secara nasional mengalami peningkatan.

"Secara nasional jumlah testing nasional meningkat, namun khusus capaian target tracing dan testing di daerah PPKM level 4 adalah masih rendah," kata Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/07/2021).

Siti mengungkapkan terdapat penurunan tracing dan testing selama tiga hari kebelakang. Bahkan, hanya terdapat sebanyak lima provinsi yang memenuhi target pemerintah. "Tiga hari terakhir hanya lima kabupaten/kota yang mencapai target di atas 90%, yaitu Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sumenep," ujarnya.

Baca juga: Penularan COVID-19 Semakin Masif, Seluruh Pejabat Pemkot Surabaya Ditugaskan Tracing

Dalam kesempatan tersebut Siti juga mengungkapkan adanya data positivity rate di atas 5%. Hal tersebut menunjukkan adanya penularan yang luas di masyarakat.

Merujuk pada hal tersebut, Siti mengimbau seluruh daerah untuk memaksimalkan penemuan kasus dengan meningkatkan tracing. Lebih lanjut hal tersebut nantinya dapat memisahkan kasus terkonfirmasi positif dengan orang-orang yang sehat.

"Dengan itu kita bisa memutus rantai penularan Covid-19 di Indonesia," katanya.

Baca juga: Pemerintah Tambah Petugas Tracing dan Testing Covid-19
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)