Pemerintah Butuh Dukungan Komunitas untuk Melawan Pandemi Covid-19

Selasa, 20 Juli 2021 - 09:20 WIB
loading...
Pemerintah Butuh Dukungan Komunitas untuk Melawan Pandemi Covid-19
Mural lawan Covid-19. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah memerlukan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari komunitas , untuk bersama-sama mengatasi dampak pandemi Covid-19 . Sebab, ketangguhan bangsa akan ditentukan pada bagaimana membangun ketangguhan komunitas, terutama saat pandemi seperti sekarang.

Sosiolog dari Universitas Indonesia (UI) Imam Prasodjo menuturkan, secara makro, bangsa yang sangat besar dengan aneka keragaman seperti Indonesia, idealnya memiliki komunitas yang terfragmentasi dalam keberagaman dan memiliki ketangguhan.

"Harapannya masing-masing komunitas memiliki kesadaran dan ketangguhan yang sama dalam mengatasi virus (Covid-19) ini," ujar Imam Prasodjo dalam webinar Alinea Forum bertajuk Memperkuat PPKM Darurat Berbasis Komunitas, Senin (19/7/2021).

Ketangguhan komunitas dalam mengatasi Covid-19 setidaknya dapat diukur melalui tiga hal. Yaitu tingkat disiplin menjalankan protokol kesehatan, kesiapan vaksinasi untuk perlindungan masyarakat, dan ketangguhan tubuh dalam membangun imunitas.



Karena itu, dirinya mengusulkan agar pemerintah mengubah narasi dalam proses mengatasi Covid-19. Dari narasi ini tugas pemerintah menjadi tugas seluruh elemen bangsa untuk menyelesaikan persoalan pandemi. Jangan seolah-olah menuntaskan pandemi ini menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Karena pemerintah memiliki keterbatasan, baik anggaran maupun sumber daya manusia.

Dia menuturkan sejumlah komunitas yang bisa diberdayakan, seperti komunitas pedagang, komunitas masjid, hingga komunitas pemuda. Ketangguhan semua komunitas ini harus dibangkitkan, jangan semata-mata bergantung pada petugas formal.



Dia memberikan contoh misalnya ada pedagang tidak bisa berjualan karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, maka yang lain membantu agar pedagang itu bisa bertahan. "Pemerintah itu bagian dari bangsa. Begitu juga masyarakat. Sukses tidaknya bertahan dalam pandemi ini bukan karena pemerintah, tetapi tugas semua elemen bangsa," katanya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa penyelesaian pandemi adalah urusan bangsa, bukan hanya pemerintah. "Pemerintah tidak akan kuat menyelesaikan sendiri karena isu dari pandemi Covid-19 salah satunya dari perilaku. Makanya pergerakan komunitas menjadi kunci mengoptimalkan mengurangi positif Covid-19," katanya dalam kesempatan sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)