Dampak Corona, Sebanyak 1,6 Juta Pekerja di PHK dan Dirumahkan

Senin, 13 April 2020 - 13:56 WIB
loading...
Dampak Corona, Sebanyak 1,6 Juta Pekerja di PHK dan Dirumahkan
Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menyebut sudah 1,6 juta pekerja di PHK dan dirumahkan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyebut wabah virus Corona (COVID-19) memberikan dampak sosial yang cukup besar. Hingga kini tercatat jutaan pekerja yang sudah diberhentikan (PHK) maupun dirumahkan.

“Terdapat sekita 1,6 juta warga negara kita yang telah mendapatkan PHK (pemutusan hubungan kerja) dan dirumahkan,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo saat melakukan konferensi pers, Senin (13/4/2020).

Dia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan agar program kartu pra kerja segera dilaksanakan. Seperti diketahui pemerintah telah menganggarkan Rp20 triliun untuk kartu prakerja. Anggaran tersbeut dialokasikan untuk 5,6 juta orang. “Sehingga Bapak Presiden menugaskan untuk segera diberikan kartu prakerja,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Doni mengatakan bahwa bantuan sosial akan segera dikucurkan pada minggu ini. Terutama bantuan yang masuk dalam program jaring pengaman sosial. “Sehingga masyarakat yang terdampak terutama di Jabodetabek ini bisa segera mendapatkan dukungan. Terutama bantuan sembako yang nantinya berasal dari Kementerian Sosial,” ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)