Akademisi: Sejak Kecil Bung Karno Diasuh dari Kalangan Wong Cilik

Minggu, 20 Juni 2021 - 08:27 WIB
loading...
A A A
"Di Nusantara ini subur, tapi rakyatnya banyak yang miskin atau dimiskinkan itu karena penindasan, baik dari feodalisme, kapitalisme atau imperalisme. Rakyatnya mengalami kemiskinan di tengah alam yang subur," lanjut Retor

Sejak saat itu, dalam upayanya memperjuangkan kemerdekaan, Bung Karno bertekad untuk senantiasa memperjuangkan hak-hak dan keberpihakannya kepada wong cilik. Rakyat Indonesia harus benar-benar makmur dan tercukupi kebutuhannya.

"Kemerdekaan bagi Bung Karno enggak sekadar kemerdekaan bangsa, tapi pembebasan rakyat dari penindasan," lanjut Retor

Di sisi lain yang menjadi perhatian Bung Karno dari kemiskinan dan kemelaratan rakyat Indonesia adalah karena penindasan, dimiskian secara sistem, padahal sejatinya mereka wong cilik ini mempunyai alat produksi yang bisa mereka gunakan untuk bekerja. Oleh karenanya dalam penutup diskusi, Retor mejelaskan juga terkait perbedaan proletar dan Marhaen.

"Marhaen itu berbeda dengan proletar, orang proletar adah mereka yang tidak mempunyai alat produksi, sedangkan marhaen itu punya alat produksi, dalam hal ini punya cangkul dll. tapi miskin atau mengalami pemiskinan," pungkas Retor.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0151 seconds (0.1#10.140)