Akademisi: Sejak Kecil Bung Karno Diasuh dari Kalangan Wong Cilik

loading...
Akademisi: Sejak Kecil Bung Karno Diasuh dari Kalangan Wong Cilik
Bung Karno dikenal sebagai sosok yang sangat merakyat, gagasannya saat ia memperjuangkan kemerdekaan Indonesia banyak diilhami oleh kehidupan rakyat kecil. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Soekarno atau Bung Karno dikenal sebagai sosok yang sangat merakyat, gagasannya saat ia memperjuangkan kemerdekaan Indonesia banyak diilhami oleh kehidupan rakyat kecil yang tertindas kondisi sosial ekonominya, atau yang biasa disebut sebagai wong cilik.

Baca juga: Dukung MUI, Hidayat Nur Wahid Ingat Sikap Bung Karno soal Israel

Termasuk saat Bung Karno menjadikan wong cilik sebagai inspirasinya. Sikap Bung Karno seperti ini sudah terbentuk semenjak ia kecil, karena memang Bung Karno berasal dari kalangan wong cilik itu sendiri.

Baca juga: Menguak Diplomasi Kuliner ala Bung Karno



Pokok pikiran ini menjadi pembuka pembicaraan oleh Dr. Retor A.W Kaligis, M.Si yang merupakan Dosen Fikom Universitas Pancasila, dalam ‘Talkshow & Musik Bung Karno Series’ Episode ke-19 bertema Bung Karno dan Wong Cilik, dipandu oleh Rizka, Sabtu (19/6/2021).

Baca juga: Aksi-aksi Spontanitas Bung Karno hingga Tak Segan Pinjam Uang Pengawal

"Kalau Bung Karno sendiri dari sejarah hidupnya merupakan bagian dari wong cilik itu sendiri. Dan sejak kecil ia di asuh dari kalangan wong cilik yang namanya Sarinah, perempuan desa yang sederhana," jelas Retor.

Kemudian Retor, yang meruapakan Anggota Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia itu menjelaskan, bahwa Bung Karno sangat tahu betul tentang bagaimana jiwa dan perasaan wong cilik.

Ia sendiri tumbuh dalam didikan wong cilik, bagaimana Bung Karno diajarkan untuk saling mengasihi dan menyayangi diantara sesama dalam arti yang luas, dan bagaimana perasaan ia tumbuh untuk selalu berpihak kepada sesamanya itu semua ia dapatkan di lingkungan wong cilik.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top